Tips dan Cara Diet Menurut Golongan Darah Yang Perlu Anda Ketahui

Diet merupakan salah satu cara yang biasanya dilakukan oleh kebanyakan orang sebagai upaya untuk mendapatkan berat badan ideal. Namun dalam menerapkan program diet seringkali banyak orang yang keliru. Perlu Anda ketahui bahwa diet bukanlah menghindari dan membatasi porsi makan, akan tetapi diet adalah mengontrol pola makan. Pada saat ini ada program diet yang lebih mudah yaitu diet menurut golongan darah.

Program diet dengan memperhatikan golongan darah tentunya akan memudahkan Anda dalam memilih jenis makanan yang tepat. Hubungan diet dengan golongan darah sudah diteliti oleh banyak ahli. Dalam hal ini perlu Anda ketahui bahwa makanan dan darah memiliki reaksi kimia. Dengan memperhatikan golongan darah maka Anda akan mengetahui jenis makanan yang dibutuhkan tubuh ketika menjalani program diet.

Perhatikan Cara Diet Berdasarkan Golongan Darah Berikut Ini!

  1. Diet Golongan Darah A

Bagi Anda yang memiliki golongan darah A, sebaiknya menghindari hal-hal yang bisa menyebabkan stres sebab bisa mempengaruhi sistem hormonal yang berujung pada perubahan pola makan. Perlu Anda ketahui bahwa golongan darah A memiliki kemampuan metabolisme yang rendah. Jenis makanan yang dianjurkan yaitu olahan dari kacang kedelai yaitu tempe dan tahu. Selain itu, konsumsi ikan mas, sarden, wortel, buncis, bayam, kacang tanah, telur bebek dan ayam. Untuk jenis buah yang disarankan yaitu kiwi, stroberi dan delima. Tambahkan pula makanan olahan gandum dan kurma sebagai pengganti nasi.

  1. Golongan Darah B

Untuk golongan darah B, jenis makanan yang dianjurkan ketika diet yaitu ikan laut, daging kambing, camilan dari beras, olahan gandum, jambu biji, pir, kurma, melon, labu, sawi, brokoli dan buncis. Pada dasarnya diet untuk golongan darah B adalah mengembalikan fungsi imun tubuh dengan prose salami dan mengoptimalkan kinerja metabolisme sehingga membersihkan darah dari lemak dan racun.

  1. Golongan Darah AB

Pada dasarnya golongan darah AB sangat mudah untuk menyesuaikan dengan berbagai jenis makanan. Adapun menu untuk diet golongan darah AB yaitu daging kelinci, kambing, ikan tuna dan sarden. Jenis buah dan sayur yang dianjurkan yaitu brokoli, anggur, nanas, wortel, seledri, jahe, ginseng, kacang hijau, kacang tanah dan bawang putih.

  1. Golongan Darah O

Orang dengan golongan darah O tentunya memiliki sistem kekebalan tubuh dan pencernaan yang lebih baik sehingga lebih tahan terhadap infeksi. Golongan darah O disarankan mengkonsumsi makanan seperti bunga kol, jagung, seledri, pisang, kelapa, stroberi dan alpukat. Disamping itu, konsumsilah makanan yang tidak mempengaruhi program diet seperti ikan sarden, daging unggas, ikan mas, telur bebek dan ayam.

Itulah tips dan cara memilih makanan untuk program diet berdasarkan golongan darah. Semoga penjelasan diatas bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Salam sehat!

Related Posts

Share This