Tips Dalam Memilih Makanan Yang Sehat Untuk Kehamilan 7 Minggu

Ketika menginjak usia kehamilan 7 minggu, maka banyak hal yang harus Anda ketahui dan dipahami. Meskipun Anda merasa baik-baik saja namun jangan terlena dan harus senantiasa waspada. Jangan sampai terjadi gangguan terhadap tumbuh kembang si kecil. Pada tahap awal kehamilan memang masih rentan terjadi gangguan kesehatan, mengingat janin masih belum cukup kuat didalam rahim.

Usia kehamilan 7 minggu, perkembangan janin semakin pesat dan bertambah ukurannya. Pada usia tersebut sudah mulai terjadi proses pembentukan organ tubuh seperti sistem pencernaan, sakuran pernafasan dan organ vital lainnya. Maka dari itu, penting sekali bagi setiap ibu hamil untuk memperhatikan kesehatan dan asupan nutrisi. Hal ini terkait dengan upaya untuk mendukung tumbuh kembang janin yang optimal.

Pada usia kehamilan 7 minggu, biasanya ibu hamil masih akan mengalami gejala morning sickness seperti mual dan kadang muntah-muntah. Disamping itu, kelelahan juga tidak bisa dihindari sehingga tubuh terasa sangat lemas. Bagi Ana yang merasa tidak nyaman dengan gejala morning sickness maka bisa menyiasatinya yaitu mengisap buah lemon atau buah segar lainnya.

Selain memantau perkembangan janin dan kondisi kesehatan Anda sendiri, hal lain yang perlu diperhatikan adalah tanda-tanda kehamilan usia 7 minggu yang sehat. Secara umum tanda kehamilan 7 minggu yang sehat yaitu jikan pendarahan yang dialami diawal kehamilan mulai berhenti. Selain itu kram perut yang dirasakan secara perlahan akan hilang.

Jika pada usia kehamilan 7 minggu belum juga menunjukan gejala yang membaik dan pendarahan belum juga mereda maka perlu diwaspadai dan sebaiknya berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan. Dikhawatirkan adanya indikasi yang beresiko terhadap gangguan tumbuh kembang janin.

Semakin hari seiring berkembangnya janin maka terjadi perubahan pada payudara yang semakin membesar. Bahkan mengharuskan Anda untuk membeli bra dengan ukuran yang lebih besar dari sebelumnya supaya nyaman ketika digunakan. Selain itu, pembuluh darah yang muncul pada payudara juga akan emnyebabkan rasa gatal dan kesemutan.

Kelelahan menjadi keluhan selanjutnya yang akan diderita oleh ibu hamil usia 7 minggu. Dalam hal ini perlu diperhatikan asupan makanan yang bernutrisi tinggi guna menjaga kondisi tubuh supaya tetap fit dan terhindar dari kelelahan.

Rasa lelah yang diderita oleh ibu hamil secara perlahan akan hilang memasuki akhir minggu ke 7 dan menginjak minggu ke-8. Bahkan kondisi fisik ibu hamil akan kembali normal. Nah, untuk mengimbangi kebugaran tubuh maka perhatikan pola makan dan menu makan yang dikonsumsi. Pastikan kehamilan Anda mendapatkan asupan nutrisi yang mencukupi.

Makanan yang sehat untuk kehamilan 7 minggu hendaknya mengandung vitamin, mineral dan sumber nutrisi penting lainnya. Salah satu nutrisi yang penting yaitu kalsium untuk membantu pembentukan tulang dan gigi janin. Kalsium bisa diperoleh dari susu dan produk olahannya seperti keju atau yoghurt.

Makanan berlemak sebaiknya dihindari karena bisa menghambat aliran nutrisi bagi janin. Makanan yang sebaiknya dikonsumsi oleh ibu hamil 7 minggu kriterianya mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin B, vitamin D, asam folat, yodium, zinc dan nutrisi lainnya. Semuanya bisa diperoleh dari jenis makanan seperti buah-buahan, sayuran, susu, telur, daging dan jenis makanan sehat lainnya.

Pada kehamilan 7 minggu juga sebaiknya memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung zat besi untuk menghindari resiko penyakit anemia. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Share This