Tips Dalam Memilih Mainan Yang Aman Bagi Batita

Dalam memilih peralatan atau mainan untuk bayi, anda harus lebih teliti serta mengembangkan pola pikir tentang keamanan dan keselamatan si kecil. Anda harus mempertimbangkan berbagai hal sebelum membeli mainan tersebut. Mainan untuk anak batita hendaknya bebas dari bahan kimia berbahaya. Selain itu, pastikan juga mainan yang Anda beli untuk si kecil tidak memiliki bagian tajam yang bisa melukai tangan atau bagian tubuh lainnya.

Mainan Yang Aman Bagi Batita

Inilah Tips Cerdas Dalam Memilih Mainan Yang Aman Untuk Batita

  • Sebelum membeli mainan untuk si kecil, pastikan bahwa mainan tersebut tidak memiliki bagian yang bisa tertelan dan menyebabkan si kecil tersedak. Salah satu contohnya yaitu mainan yang memiliki kancing baju, tombol yang mudah lepas dan manic-manik. Aksesoris seperti itu sangat rentan tertelan oleh si kecil. Mereka belum bisa membedakan hal yang berbahaya atau tidak. Maka dari itu Anda sebagai orangtua harus lebih teliti dalam memilih jenis mainan tersebut.
  • Jauhkan mainan yang berbahaya bagi si kecil seperti manik-manik, jarum ataupun balok.
  • Anda harus memastikan kalau mainan yang diberikan untuk batita tidak memiliki bagian yang tajam. Mainan dengan bagian tepi yang tajam bisa berbahaya dan melukai si kecil.

Baca juga : Tips Mudah Memilih Mainan Anak Laki-laki

  • Mainan yang diberikan harus sesuai dengan tahap perkembangan anak. Berikan mainan dengan bahan dasar yang lembut seperti busa ataupun plastik, contohnya bola.
  • Hindari memberikan mainan yang rapuh dan mudah sobek. Hal ini karena bisa menyebabkan bagian tepi mainan menjadi tajam sehingga berbahaya bagi si kecil. Anda harus benar-benar memastikan kualitas dari mainan tersebut sebelum membelinya.
  • Jangan membiarkan anak Anda bermain dengan balon yang tidak di pompa karena dikhawatirkan akan ditelan sehingga menyebabkan mereka tersedak dan membahayakan kesehatannya.
  • Apabila Anda memiliki anak yang lebih besar dari batita, peringatkan pada mereka supaya tidak menggunakan mainan dengan bunyi yang nyaring ketika berada di dekat batita. Mainan yang mengeluarkan suara keras bisa membahayakan pendengaran si kecil.
  • Ketika membeli mainan baru untuk anak sebaiknya segera lepaskan plastik pembungkus mainan tersebut. Hal ini untuk menghindari kebiasaan si kecil dalam menelan sesuatu sehingga bisa menyebabkan tersedak.
  • Pilihlah tempat penyimpanan mainan yang aman bagi si kecil. Jangan menggunakan peti atau boks dengan penutup otomatis karena bisa menyebabkan si kecil terjepit. Biarkan penutup boks mainan tetap terbuka sehingga memudahkan si kecil untuk mengambil mainan tersebut tanpa khawatir terjepit. Supaya lebih aman, ada alternatif lain dalam menyimpan mainan si kecil yaitu rak mainan.
  • Ketika anak Anda bermain, usahakan supaya tidak menggunakan alat bantu berjalan. Hal ini bisa membahayakan keselamatan dan beresiko menyebabkan anak terjatuh.

Itulah beberapa poin penting dalam memilih jenis mainan yang aman bagi si kecil. Anda sebagai orangtua harus lebih teliti dan lebih cerdas dalam memberikan mainan untuk anak. Berikan mainan sesuai tahap perkembangan anak Anda. Selain itu, usahakan untuk memberikan jenis mainan yang edukatif bagi anak untuk mendukung dan menstimulus tumbuh kembangnya.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517