Tips Cerdas Untuk Mengatasi Mata Lelah

Di zaman modern saat ini nampaknya penggunaan komputer dan gadget sudah menjadi hal yang lumrah. Komputer merupakan salah satu alat yang banyak digunakan untuk bekerja dan berkomunikasi. Akan tetapi tanpa disadari bahwa penggunaan komputer yang terlalu lama bisa memicu mata lelah. Tidak heran jika kondisi ini memicu beberapa gangguan pada mata seperti mata merah, penglihatan mulai kabur dan mata berkedut. Kondisi ini perlu ditangani dengan benar dan Anda sebaiknya mengetahui cara untuk mengatasi mata lelah sebelum kondisinya menjadi parah.

Mata lelah sebaiknya segera ditangani dengan cara yang benar sebab jika dibiarkan bisa berakibat fatal terhadap kesehatan mata lebih lanjut. Hal ini bisa memberikan dampak jangka panjang bahkan pada kondisi yang lebih parah bisa mengakibatkan kebutaan.

Berikut Ini Tips dan Cara Mengatasi Mata Lelah

  1. Pergunakan Kacamata

Untuk meminimalisir cahaya dari layar komputer, sebaiknya Anda menggunakan kacamata anti silau. Hal ini bertujuan untuk menjaga mata dari pancaran cahaya yang terlalu kontras. Cara ini tidak ada salahnya jika Anda coba ketika menggunakan komputer dalam waktu yang cukup lama.

  1. Istirahat

Istirahat merupakan tindakan yang paling tepat dalam mengatasi mata lelah. Jika mata Anda dirasa sudah cukup lelah maka tinggalkan sejenak aktivitas yang berhubungan dengan layar komputer. Cobalah mengalihkan perhatian pada objek lain seperti melihat pemandangan yang akan membuat mata Anda kembali segar. Disamping itu, cobalah untuk memejamkan mata dan tidur sejenak.

  1. Pijat Mata

Lakukan pemijatan mata secara rutin sebelum Anda tidur. Hal ini sangat efektif untuk mengatasi mata lelah. Dengan pemijatan maka akan membantu mengendurkan otot-otot mata yang terasa tegang akibat terlalu lama menatap layar komputer.

  1. Atur Kecerahan Komputer

Sesuaikan cahaya layar komputer Anda sehingga tidak terlalu silau. Dengan begitu maka akan mencegah mata lalah. Usahakan supaya tingkat kecerahan komputer tidak terlalu terang dan silau.

  1. Berkedip

Cara sederhana yang selanjutnya untuk mengatasi mata lelah yaitu dengan cara berkedip. Tindakan sederhana ini mungkin terdengar sepele namun akan memberikan dampak positif untuk mata Anda. Dengan kata lain berkedip akan mengembalikan kebugaran mata yang lelah.

  1. Kendurkan Otot Mata

Tindakan selanjutnya yaitu dengan mengendurkan otot mata. Caranya sangat mudah yaitu dengan menggosok-gosokkan kedua telapak tangan hingga menghasilkan efek panas, kemudian tempelkan jari pada daerah atas mata. Efek panas akan membuat mata Anda menjadi lebih rileks.

  1. Periksa Mata

Lakukan pemeriksaan mata secara rutin untuk mendeteksi tingkat kesehatan mata Anda. Dengan pemeriksaan rutin maka akan membantu mencegah adanya gangguan pada mata.

Mata merupakan indera penglihatan yang sangat penting. Maka dari itu, kesehatannya perlu dijaga dengan baik sehingga terhindar dari berbagai gangguan yang mungkin mengganggu penglihatan.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517