Tips Cerdas Menjadi Ibu Tiri Yang Baik

Pandangan mengenai ibu tiri memang memiliki citra yang negatif. Bahkan dalam figure dongeng digambarkan bahwa sosok ibu tiri memiliki sifat yang jahat. Tidak mengherankan jika banyak yang tidak mengharapkan kehadiran dari sosok ibu tiri. Namun pada kehidupan nyata, tidak semua ibu tiri memiliki sifat yang jahat. Nah, bagi Anda yang saat ini menjalni peran sebagai ibu tiri, penulis akan memberikan tips seputar menjadi ibu tiri yang baik.

Untuk menjadi ibu tiri yang disayangi dan dicintai oleh keluarga baru memang membutuhkan waktu untuk proses penyesuaian. Mungkin pada awalnya anak-anak tidak akan menerima kehadiran Anda di keluarga mereka. Dalam hal ini dibutuhkan pendekatan sehingga bisa diterima dengan mudah dalam lingkungan keluarga tersebut.

Inilah Tips Menjadi Ibu Tiri Yang Baik

  • Pahami Karakter Anak

Langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu mamahami karakter anak. Meskipun mereka bukan anak kandung Anda, namun dalam hal ini Anda harus bisa mengambil hari mereka sehingga merasa nyaman dengan kehadiran Anda. Pahami karakter anak dan berikan perlakuan baik yang akan membuat mereka merasa nyaman seperti layaknya berada disamping ibu kandungnya.

  • Berkomunikasi Secara Terbuka Dengan Anak

Pada awal-awal sebaiknya Anda jangan terlalu mengharapkan si anak akan mengahampiri Anda sengan akrab. Dalam hal ini Anda perlu melakukan tindakan yang bisa membuat mereka lebih mudah untuk menerima Anda. Ajaklah si anaka luntuk berbicara terbuka dan berikan pemahaman pada anak bahwa Anda bukanlah musuh. Sesuaikan pembicaraan Anda dengan tingkat usia anak.

  • Jangan Terlalu Berharap

Ketika posisi Anda sebagai ibu tiri, sebaiknya ,jangan terlalu berharap jika si anak akan memanggil Anda dengan sebutan mama. Anda jangan terlalu terfokus dengan hal tersebut, yang terpenting dalam hal ini adalah bagaimana cara Anda untuk menjalin dan membangun hubungan baik dengan si anak. Walaupun sulit, namun tidak ada yang tidak mungkin jika terus berusaha.

  • Posisikan Diri Anda

Meskipun Anda berusaha untuk mendapatkan perhatian dari anak tiri. Namun jangan pernah memposisikan diri sebagai teman. Dalam hal ini Anda harus tetap bisa menjadi orangtua bukan teman. Tugas Anda sebagai orangtua yaitu menyayangi, mencintai dan memberikan perhatian pada anak. Ajarkan pada anak mengenai hal-hal baik dan berikan pemahaman untuk menjauhi hal buruk.

  • Selalu Anda Untuk Anak

Kehilangan orang yang dicintainya terkadang akan membuat anak meras kesepian. Nah, disini Anda harus bisa memposisikan diri supaya selalu ada untuk anak. Kehadiran Anda disisinya setiap saat akan membuatnya nyaman dan tidak lagi merasa sendirian. Perlahan-lahan maka akan membuat si anak merasa nyaman dengan kehadiran Anda. Dengan begitu akan membuka peluang Anda untuk diterima dengan baik oleh anak.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517