Tips Cerdas Mengatasi Kelelahan Saat Hamil

Masa kehamilan merupakan saat-saat yang melelahkan bagi seorang wanita. Pada waktu hamil, tubuh akan bekerja dua kali lebih keras. Meningkatnya beban tersebut seiring dengan tahap perkembangan janin di dalam rahim. Kondisi tersebut merupakan salah satu faktor penyebab tubuh lebih mudah letih dan lemas.

Letih dan lelah selama masa kehamilan merupakan suatu kondisi yang normal dialami oleh wanita hamil. Tubuh senantiasa bekerja secara ekstra untuk menunjang tumbuh kembang janin secara optimal. Kelelahan saat hamil bisa meningkat akibat dari gejala morning sickness, peningkatan proses metabolisme, pola makan tidak seimbang dan gangguan eksternal lainnya.

Lelah saat hamil termasuk kondisi yang lazim terjadi pada ibu hamil. Akan tetapi meskipun demikian, kondisi tersebut harus segera diatasi untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh guna menunjang tumbuh kembang janin.

Beberapa Tips Mengatasi Kelelahan Saat Hamil

  • Relaksasi

Hentikan sejenak aktivitas yang bisa menyebabkan kelelahan. Cobalah untuk beristirahat lebih lama guna menenangkan pikiran dan otot-otot tubuh Anda. Lakukanlah kegiatan yang tidak menguras energi seperti duduk santai sambil nonton televisi, membaca buku dan mendengarkan musik. Proses relaksasi tersebut sangat berguna untuk meminimalisir rasa lelah yang sedang Anda rasakan.

  • Perhatikan kebutuhan cairan

Kurang minum bisa menjadi salah satu penyebab mudah lelah saat hamil. Asupan cairan sangat penting untuk menjaga kondisi tubuh supaya tetap terhidrasi. Dehidrasi akan membuat tubuh lebih mudah lelah sehingga akan berdampak negatif terhadap kesehatan dan perkembangan janin di dalam kandungan. Maka dari itu penuhi kebutuhan cairan sewaktu hamil dengan mengkonsumsi air putih minimal 2 liter per hari.

  • Tidur cukup

Gangguan tidur pada merupakan salah satu hal yang wajar terjadi pada ibu hamil. kondisi tersebut tentunya menjadi penyebab kelelahan. Nah, maka dari itu ibu hamil harus lebih pintar dalam meluangkan waktu tidur, baik itu pada waktu malam ataupun siang hari.

  • Pola makan seimbang

Konsumsilah makanan sehat dan bergizi selama hamil. Kebutuhan nutrisi pada waktu hamil akan meningkat dua kali lipat dari biasanya. Mengkonsumsi makanan bergizi dengan porsi yang tepat sangat efektif untuk membantu mengatasi kelelahan pada waktu hamil. Jika Anda kebingungan untuk menerapkan pola makan sehat, cobalah berkonsultasi dengan dokter.

  • Olahraga ringan

Kurang gerak pada waktu hamil bisa memicu kelelahan. Nah, maka dari itu cobalah untuk melakukan beberapa gerakan olahraga ringan seperti yoga, jalan santai ataupun latihan meditasi. Cara tersebut dinilai sangat efektif dalam meminimalisir kelelahan. Lakukan olehraga tersebut secara teratur dan jangan terlalu kecapean.

  • Konsumsi makanan penambah darah

Darah rendah pada waktu hamil bisa menyebabkan letih dan lesu. Konsumsilah makanan penambah darah dari kelompok sayuran dan buah-buahan. Selain itu, konsumsi juga daging tanpa lemak dengan porsi yang tepat.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517