Tips Cerdas Mengajarkan Anak Memilih Jajanan Sehat

Memilih jajanan sehat untuk anak memang sangat penting guna menjaga kesehatan dan menunjang tumbuh kembangnya. Seperti yang kita ketahui bahwa makanan adalah salah satu hal yang berpengaruh terhadap kesehatan tubuh. Jika asupan makanan bergizi terjaga dengan baik maka hal ini akan sangat bermanfaat dalam mendukung perkembangan si kecil. Jangan sampai si kecil kekurangan nutrisi dalam tahap emas tumbuh kembangnya karena hal ini akan berdampak dalam jangka panjang.

Asupan makanan yang bergizi untuk anak memang sangat penting diperhatikan. Jangan sembarangan membiarkan si kecil mengkonsumsi makanan yang tidak sehat. Memasuki usia sekolah biasanya anak-anak tidak bisa dipantau dalam hal membeli jajanan. Maka dari itu, Anda sebagai orangtua hendaknya memberikan pengajaran, arahan dan bimbingan pada anak supaya bisa membedakan mana jajanan sehat dan tidak sehat.

Pilih Tempat Jajanan Yang Bersih

Nah, salah satu hal yang harus Bunda ajarkan pada anak untuk memilih jajanan sehat yaitu dengan membelinya di tempat yang bersih.  Ajarkan pada si kecil untuk senantiasa memilih makanan yang terbungkus sehingga tidak memungkinkan debu masuk. Jangan sembarangan memilih jajanan pinggir jalanan yang terbuka tanpa ditutupi atau disimpan ditempat makanan yang tertutup. Dengan memilih tempat yang bersih maka kemungkinan infeksi kuman dan bakteri yang berbahaya bisa diminimalisir dengan baik sehingga tidak akan membahayakan kesehatan tubuh.

Hindari Memilih Makanan yang Memiliki Warna Mencolok

Berikan pengertian pada anak akan bahaya pengawet, pemanis dan pewarna buatan dalam makanan. Ingatkan si kecil agar menghindari membeli jajanan pinggir jalan yang memiliki warna mencolok seperti sirup dan sebagainya.

Jangan Membeli Makanan yang Tidak Terbungkus

Makanan yang tidak terbungkus dan terbuka memang sangat rentan terhadap kontaminasi bakteri dan kuman. Hal ini tentunya bisa menyebabkan banyak sekali masalah kesehatan. Maka dari itu sebaiknya ajarkan anak supaya membeli makanan yang terbungkus rapat dan tempatnya bersih.

Harus Jeli Dalam Memilih

Tidak bisa dipungkiri jika pada era global ini banyak sekali pedagang yang bertindak curang sehingga rentan sekali terhadap makanan yang tidak sehat. Maka dari itu usahakan untuk selalu mengajarkan pada anak supaya jeli dalam memilih makanan.

Nah, demikian beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengajarkan si kecil dalam memilih jajanan sehat. Selain beberapa hal diatas, untuk menghindari kemungkinan si kecil membeli makanan yang tidak sehat, maka sebaiknya Anda memberikan bekal makanan untuk si kecil setiap harinya. Hal ini setidaknya bisa meminimalisir si kecil untuk jajan di pinggir jalan.

Sisipkan bekal yang bervariasi dan menarik setiap harinya untuk si kecil. Bahan bakunya bisa sayuran, buah-buahan dan bahan makanan sehat lainnya. Dengan begitu maka hal ini akan sangat berguna sekali bagi si kecil agar terhindar dari bahaya yang bisa menghambat tumbuh kembangnya. Jangan sepelakan kesehatan jajanan karena bisa berdampak sangat fatal.

Memberikan asupan makanan yang bergizi adalah salah satu langkah tepat dalam menunjang tumbuh kembang anak yang sehat dan cerdas di masa yang akan datang. Jangan sampai apa yang dikonsumsi anak saat ini akan menjadi penyakit jangka panjang. Sebaiknya orangtua lebih waspada, lebih jeli, lebih hati-hati untuk memilih makanan untuk anak. Semoga ulasan artikel ini menjadi referensi dan sumber bacaan yang bermanfaat bagi Anda para orangtua dalam menjaga kesehatan dan mendukung tumbuh kembang anak.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517