Tips Cerdas Mempersiapkan Kamar Untuk Bayi Baru Lahir

Banyak hal yang harus dipersiapkan dalam menyambut kelahiran buah hati. Salah satunya yaitu kamar tidur bayi. Pemilihan kamar tidur merupakan salah satu hal yang sangat penting guna menunjang kesehatan dan tumbuh kembang si kecil. Perlu Anda ketahui bahwa proses tumbuh kembang si kecil terjadi pada waktu tidur. Oleh karena itu supaya tidurnya berkualitas maka harus ditunjang dengan tempat tidur yang aman dan nyaman.

Dalam mempersiapkan kamar untuk bayi, Anda harus senantiasa memperhatikan faktor keamanan. Pastikan tempat tidur tersebut benar-benar aman dan nyaman sehingga tidak akan menimbulkan cedera akibat terjatuh ataupun terluka oleh material tempat tidur tersebut. Pilihlah bahan yang benar-benar tidak berbahaya.

Kamar untuk bayi baru lahir sebaiknya tidak terpisah dengan Anda. Jika ruangan kamar Anda cukup luas, tempatkanlah ranjang tempat tidur si kecil di pinggir tempat tidur Anda. Hal ini bertujuan supaya Anda bisa sepenuhnya memastikan keamanan dan kenyamanan si kecil pada waktu tidur. Selain itu, jika si kecil menangis akibat lapar pada malam hari, Anda bisa langsung menenangkannya tanpa harus pergi ke kamar sebelah.

Seiring dengan bertambahnya usia si kecil, untuk melatih kemandiriannya maka Anda bisa menempatkan tempat tidur bayi di ruangan yang berbeda dan terpisah dengan Anda. Namun dalam hal ini Anda harus memastikan tingkat keamanan karena pada malam hari Anda tidak sepenuhnya bisa memantau si kecil. Pastikan tempat tidur atau ranjang yang digunakan benar-benar aman dan tidak akan menimbulkan resiko bayi terjatuh.

Berikut tips untuk memilih dan mempersiapkan tempat tidur si kecil

  1. Pilihlah ranjang tempat tidur bayi yang terbuat dari bahan stainles bukan besi. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya karat yang bisa membahayakan kesehatan si kecil.
  2. Sesuaikan ukuran tempat tidur/ranjang dengan usia si kecil. Jangan terlalu luas dan jangan pula terlalu sempit.
  3. Pilihlah ranjang bayi dengan matras yang bisa diatur. Hal ini bertujuan untuk menyesuaikan dengan tingkat pertumbuhan bayi. Untuk bayi yang baru lahir maka posisi matras bisa sedikit ditinggikan dan ketika bayi mulai tumbuh besar maka posisi matras bisa sedikit direndahkan untuk mencegah supaya si kecil tidak terjatuh keluar.
  4. Pastikan tidak ada celah antara ranjang dan kasur bayi karena bisa berbahaya dan mengakibatkan bayi terjepit.
  5. Periksalah secara berkala baut-baut yang menyangga ranjang tersebut dan pastikan dalam keadaan yang benar dan tidak longgar.
  6. Jangan memilih ranjang dengan pintu pada bagian samping karena sangat rentan mengakibatkan bayi terjatuh.
  7. Gunakanlah kelambu sebagai penutup ranjang bayi untuk melindunginya dari serangan nyamuk. Pilihlah kelambu dengan ukuran yang lebih panjang dari ranjang sehingga bisa emnutupi semua bagian tempat tidur tersebut.
  8. Pilihlah selimut dan sprei dengan bahan katun yang lembut. Jangan menggunakan selimut yang berbulu karena bisa berbahaya bagi pernapasan si kecil. gunakan pula selimut yang tidak terlalu tebal dan tidak terlalu tipis.

Itulah beberapa tips mempersiapkan kamar untuk bayi baru lahir. Pastikan juga kamar tidur si kecil tidak lembab dan tidak panas. Jika kamar terlalu panas maka akan membuat bayi merasa tidak nyaman dan berkeringat sehingga rentan terkena ruam atau gatal-gatal. Sebaliknya jika kamar terlalu lembab maka bisa mengakibatkan gangguan pernapasan ataupun terserang flu.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517