Tips Cerdas Memilih Makanan Untuk Balita Diare

Kondisi kesehatan bayi merupakan salah satu faktor penting yang menunjang tumbuh kembangnya. Dalam hal ini si kecil perlu mendapatkan perhatian sebab sistem kekebalan tubuhnya belum sepenuhnya bisa berfungsi untuk menangkal infeksi penyakit. Nah, salah satu cara yang bisa Anda lakukan yaitu dengan memberikan makanan balita dengan menu gizi seimbang.

Salah satu gangguan kesehatan yang rentan menyerang anak usia balita yaitu diare. Kondisi tersebut tidak boleh disepelekan sebab bisa berakibat fatal terhadap pertumbuhan dan perkembangannya. Diare bisa menurunkan nafsu makan dan menghambat asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh si kecil. Disamping itu, diare sangat berpotensi menyebabkan si kecil dehidrasi.

Pada kondisi yang lebih parah, diare bisa disertai dengan muntah-muntah. Kondisi seperti ini seringkali menyebabkan anak balita tidak mau makan. Pertolongan pertama yang bisa Anda lakukan yaitu dengan menjaga asupan cairan supaya si kecil terhindar dari dehidrasi. DIsamping itu, usahakan memberikan makanan untuk balita secara perlahan.

Secara umum, bayi diare disebabkan oleh kebersihan dan faktor makanan. Oleh karena itu, dalam hal ini Anda harus lebih selektif untuk memilih makanan yang akan dikonsumsi oleh si kecil. Selain itu, jagalah senantiasa kebersihan lingkungan dan badan si kecil supaya terhindar dari infeksi bakteri berbahaya.

Berikut Tips Memilih Makanan Bagi Balita Diare

  • Pilihlah jenis makanan yang lebih mudah untuk ditelan dan dicerna oleh sistem pencernaan anak usia balita. Salah satunya yaitu bubur atau nasi tim.
  • Untuk menjaga asupan cairan tubuhnya, berikan jus buah dengan rasa netral yaitu tidak terlalu asam.
  • Berikan asupan makanan yang mengandung pectin. Perlu Anda ketahui bahwa makanan yang mengandung pectin sangat berguna untuk membantu penyerapan air sehingga meminimalisir diare. Jenis makanan yang mengandung pectin yaitu wortel, kentang, apel dan pisang.
  • Hindari memberikan makanan yang mengandung bumbu penyedap atau jenis rempah lainnya karena bisa memperparah kondisi diare.
  • Hindari jenis makanan yang mengandung serat seperti sayur dan buah-buahan. Jenis makanan tersebut bisa merangsang penumpukan gas di dalam perut.
  • Jangan pernah memberikan makanan berlemak seperti es krim, coklat dan santan karena bisa memperparah kondisi diare pada balita.
  • Kenali jenis makanan yang menjadi penyebab diare pada anak. dengan begitu Anda bisa memonitor dan mengontrol asupan makanan.

Diare sangat rentan mengakibatkan anak balita kekurangan cairan. Maka dari itu salah satu hal penting yang harus diperhatikan adalah menjaga asupan cairan untuk mencegah terjadinya dehidrasi. Berikan air putih atau jus buah untuk menjaga konsentrasi cairan tubuh si kecil.  Hindari memberikan obat-obatan tanpa resep dan anjuran dari dokter. Konsultasi terlebih dahulu dengan dokter jika ingin memberikan obat diare anak.

Related Posts

Share This