Tips Cerdas Agar Anak Menghabiskan Bekal Makanan

Menyiapkan bekal makanan yang bergizi merupakan salah satu kewajiban bagi orangtua dalam menunjang tumbuh kembang anak pada usia sekolah. Dengan makanan yang bergizi tentunya sangat berguna dalam mengoptimalkan seluruh fungsi tubuh sehingga bekerja dengan baik dan tidak ada gangguan yang membahayakan perkembangan anak.

Kebiasaan memberikan makanan yang bergizi hendaknya dilakukan sejak bayi sehingga akan berlanjut hingg anak tumbuh semakin besar. Memberikan bekal merupakan salah satu upaya Anda supaya kebutuhan gizi si kecil tetap tercukupi dengan baik meskipun di luar pengawasan Anda. Selain itu, memberikan bekal dari rumah akan menghindarkan si kecil dari kebiasaan jajan sembarangan.

Namun terkadang sebagian anak menolak untuk membawa bekal karena merasa kurang menarik dan rasa dari makanan yang disajikan tidak enak. Nah, dalam hal ini tugas Anda adalah menyajikan makanan yang menarik, citarasa unik dan memiliki kandungan gizi tinggi. Selain itu, Anda juga harus memberikan pengertian pada anak tentang pentingnya membawa bekal dari rumah sebagai upaya ountuk menjaga kesehatan.

Berikut Tips Agar Anak Menghabiskan Bekal Makanan

  1. Sajikan bekal makanan untuk anak dengan tampilan yang menarik. Contohnya makanan atau cemilan yang dibuat dengan karakter kartun atau binatang. Selain itu, berikan tampilan warna yang mencolok seperti pewarna alami dari buah bit, pewarna jaruk dan sayuran hijau. Dengan begitu maka si kecil akan lebih bersemangat dalam menghabiskan bekal makanan.
  2. Biasakan untuk memakai lunch box yang benar-benar aman dan hindari menggunakan kotak makanan sekali pakai karena beresiko membahayakan kesehatan anak. Kotak makanana sekali pakai rentan mengandung bahan kimia berbahaya.
  3. Berikan makanan yang lebih bervariasi setiap harinya untukmenghindari anak merasa bosan. Sajikan resep baru setiap hari sehingga anak lebih penasaran untuk mencoba makanan yang Anda masak.
  4. Jika si kecil lebih dari satu kali makan di sekolah, maka sebaiknya Anda lebih kreatif dengan menyajikan menu yang berbeda. Hal ini untuk mencegah supaya tidak bosan dan tidak tergoda dengan jajanan yang tidak sehat.
  5. Proses pengemasan makanan juga sangat perlu diperhatikan. Usahakan supaya nasi dan lauk pauknya tidak tercampur. Gunakan tempat makan yang memiliki pembatas.

Menerapkan kebisaan membawa bekal makanan pada anak merupakan salah satu cara untuk memulai pola hidup sehat. Dengan memberikan bekal pada anak maka bisa meminimalisir resiko kesehatan yang berasal dari jajanan sekolah yang sebagian besar tidak sehat. Selain itu, bekal makanan yang Anda sajikan bisa sebagai pengontrol asupan gizi untuk si kecil.

Untuk menghindari kebosanan, sesekali waktu sajikan bekal makanan untuk si kecil berupa cemilan sehat namun mengenyangkan. Dengan begitu, bekal makanan yang Anda sajikan akan selalu dihabiskan oleh anak dan tidak ada masalah ketika Anda selalu memberikan bekal setiap hari. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517