Tips Bagi Single Parents Untuk Mengajarkan Kedisiplinan Pada Anak

Kedisiplinan adalah hal yang tidak mudah untuk diterapkan pada anak. Hal ini karena anak-anak cenderung menginginkan kebebasan dan tidak mau terikat dengan aturan. Dalam hal ini Anda sebagai orangtua dituntut untuk menerapkan dan mengajarkan disiplin pada anak sejak dini sehingga akan menjadi sebuah kebiasaan ketika anak tumbuh dewasa. Terlebih lagi bagi Anda yang menyandang status orangtua tunggal atau single parent. Tugas dalam mendidik anak tentunya akan menjadi sebuah tanggung jawab yang berat karena dilakukan sendirian.

Menerapkan kedisiplinan pada anak adalah salah satu hal yang sangat penting sebagai upaya dalam mempersiapkan mereka menghadapi kerasnya kehidupan. Anak-anak yang disiplin cenderung memiliki kemampuan dalam mengatasi permasalahan yang terjadi dalam kehidupannya tanpa bergantung pada orang lain. Selain itu, kedisiplinan akan membuat anak memiliki kemampuan dalam hal bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya.

Tips Bagi Single Parent Dalam Menerapkan Kedisiplinan Pada Anak

  • Tetapkan aturan yang konstan

Untuk menerapkan dan membiasakan anak supaya hidup disiplin adalah dengan cara membuat peraturan yang jelas. Peraturan tersebut dimaksudkan supaya anak mempunyai batasan dalam bertindak. Buatlah sebuah peraturan yang tegas dan konstan sehingga anak tidak akan berani untuk melanggarnya. Salah satu contohnya yaitu Anda bisa menerapkan peraturan bagi anak perempuan supaya tidak berkeliaran atau keluar rumah pada malam hari. Peraturan yang tegas akan membuat anak bersikap dengan wajar dan menumbuhkan sikap kedisiplinan di dalam dirinya.

  • Dengarkan pendapat anak

Ketika ada hal yang tidak sejalan, sebaiknya Anda memberikan kesempatan pada anak untuk mengeluarkan pendapatnya. Setelah itu Anda bisa mempertimbangkan pendapat tersebut dan memberi arahan yang lebih baik bagi anak. Jangan mengabaikan pendapat anak karena hal tersebut akan membuatnya  merasa tidak dihargai sehingga anak cenderung akan lebih berontak dan tidak mau menuruti setiap nasihat Anda.

Baca juga : Menetapkan Batasan Untuk Menerapkan Kedisiplinan Pada Anak Batita

  • Memberikan sebuah penghargaan

Ketika anak Anda bersikap baik maka tidak ada salahnya apabila Anda memberikan penghargaan berupa pujian atau memberikan sesuatu yang disukainya. Kalimat pujian akan membuat anak lebih termotivasi untuk bersikap disiplin dalam kehidupannya. Hal ini akan menjadi kebiasaan dan menjadi perilaku yang menyenangkan bagi anak.

  • Sanksi tegas

Dalam membuat peraturan yang konstan maka harus ada sanksi yang tegas sehingga anak bisa berperilaku disiplin dalam kehidupannya. Sanksi tegas bukan berarti berbentuk kekerasan atau hukuman fisik, namun sanksi tegas bisa berupa sebuah aturan yang mengharuskan merekan kehilangan benda yang disenanginya. Beritahukan kepada mereka bahwa jika aturan tersebut dilanggar maka Anda akan menghentikan semua fasilitas yang disenangi anak seperti video game atau handphone. Dalam hal ini Anda harus konsisten dan tidak boleh ada rasa kasihan selama memberikan hukuman. Tujuannya tidak lain untuk membuat anak terbiasa hidup disiplin dalam kesehariannya.

Mendidik nak untuk hidup disiplin bukan perkara yang gampang, terlebih lagi bagi Anda yang berperan sebagi orangtua tunggal. Namun apabila Anda memiliki cara atau aturan khusus tentunya tidak akan terlalu menyulitkan. Pada intinya pola asuh yang tepat, konsistensi dan ketegasan dalam menerapkan aturan akan membuat anak berperilaku disiplin.

Related Posts

Share This