Tips Bagi Ibu Hamil 7 Bulan Yang Penting Untuk Diketahui

Menginjak usia hamil 7 bulan berarti Anda sudah memasuki tahap akhir dari proses kehamilan. Mungkin sebagian dari Bunda merasa tidak sabar untuk segera menggendong  si kecil yang selama ini didambakan. Namun seringkali memasuki kehamilan tahap akhir akan dihinggapi oleh perasaan cemas dan was-was. Kondisi tersebut terbilang normal, akan tetapi sebaiknya diatasi dengan solusi yang benar sehingga tidak akan menjadi penghmabat menuju persalinan.

Dalam upaya untuk melakukan persiapan di kehamilan 7 bulan menuju persalinan sebaiknya Anda memperhatikan beberapa hal seperti asupan makanan yang bernutrisi ataupun menjaga kesehatan tubuh.

Berikut Ini Beberapa Tips Kehamilan 7 Bulan

Pola Makan Teratur

Tips kehamilan 7 bulan yang pertama yaitu menerapkan pola makan teratur. Hal ini tentunya menjadi salah satu hal yang sangat penting mengingat asupan nutrisi selama hamil terutama pada trimester akhir sangat penting untuk tumbuh kembang janin.

Konsumsi makanan yang bervariasi dengan kandungan gizi lengkap sehingga kebutuhan nutrisi janin dan tubuh Anda terpenuhi dengan baik. Selain itu, pada tahap akhir kehamilan sebaiknya Anda memperbanyak asupan makanan yang mengandung zat besi untuk membantu pembentukan sel darah merah sehingga mempersiapkan menuju persalinan.

Perhatikan Gerakan Janin

Selanjutnya perhatikan gerakan janin dengan baik. Pada tahapan ini tentunya Anda sudah bisa memahami gerakan janin seperti kapan waktunya janin tidur atau terbangun. Rasakan dan nikmati setiap gerakan si kecil seperti saat menendang-nendang. Jika terjadi perubahan pada pola aktivitas janin maka segera hubungi dokter.

Senam Hamil

Lakukan senam hamil dan peregangan memasuki kehamilan 7 bulan. Jenis senam hamil yang bisa Anda lakukan banyak macamnya, salah satunya yaitu yoga dan latihan meditasi. Gerakan senam hamil yang Anda lakukan secara rutin akan memberi dampak positif dalam mempersiapkan diri menuju persalinan.

Perbanyak Informasi Mengenai Persalinan

Disarankan bagi Anda yang memasuki kehamilan tahap akhir supaya mengetahui tanda-tnada awal akan melahirkan. Hal ini berguna untuk mendeteksi kapan Anda akan melahirkan jika menemukan tanda-tanda pada diri Anda. Jangan sampai membahayakan keselamatan janin akibat tidak mengetahui tanda awal melahirkan.

Kurangi Aktivitas Yang Terlalu Berat

Aktivitas berat sebaiknya mulai Anda kurangi sejak menginjak kehamilan 7 bulan. Jangan mengangkat beban berat atau melakukan pekerjaan yang akan membahayakan janin. Perbanyak istirahat daripada melakukan banyak aktivitas.

Menyiapkan Perlengkapan Bayi

Pada kehamilan 7 bulan, perlengkapan bayi secara umum sudah mulai Anda persiapkan. Hal ini supaya tidak kelabakan atau keteteran ketika bayi terlahir. Persiapan yang matang sangat penting untuk menyambut kelahiran si kecil.

Menyiapkan Kebutuhan Persalinan

Persiapkan juga segala kebutuhan yang dirasa akan diperlukan ketika Anda melakukan persalinan. Siapkan barang-barang tersebut didalam sebuah tas sehingga ketika waktunya persalinan tiba, semua persiapan tinggal dibawa ke tempat persalinan tanpa harus mempersiapkan terlebih dahulu.

Siapkan Tempat Tidur Bayi

Persiapan selanjutnya yaitu tempat tidur bayi. Ciptakan suasana tempat tidur bayi yang aman dan nyaman dengan ide kreatif Anda dan suami. Perisapan yang sudah lengkap akan membuat Anda lebih tenang sehingga persalinan akan berjalan dengan lancar tanpa gangguan apapun.

Nah, demikian beberapa hal yang sebaiknya dilakukan atau dipersiapkan pada usia kehamilan 7 bulan. Perbanyak waktu istirahat dan perhatikan asupan cairan untuk tubuh. Konsumsi air putih minimal 8 gelas setiap harinya. Konsumsi juga makanan berserat seperti sayuran dan buah-buahan untuk menjaga daya tahan tubuh Anda.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517