Tips Ampuh Mencegah Munculnya Nyamuk Demam Berdarah

Nyamuk demam berdarah. Musim penghujan, adanya pergantian musim, serta kondisi musim yang tidak menentu menjadi salah satu faktor munculnya beberapa jenis penyakit yang bisa menyerang kesehatan tubuh kita, salah satunya yaitu demam berdarah yang di akibatkan oleh virus yang ditularkan oleh nyamuk demam berdarah.

Demam berdarah ini disebarkan atau bahkan di tularkan melalui gigitan nyamuk demam berdarah, yaitu jenis nyamuk aedes aegypti betina yang memang sebelumnya telah terinfeksi oleh virus dengue, dan akibtanya sangatlah fatal.
Nah, untuk mengantisipasi hal ini agar tidak terjadi pada Anda juga keluarga Anda, maka ada beberapa hal yang harus dan penting untuk Anda lakukan guna mencegah menyebarnya nyamuk demam berdarah, yaitu sebagai berikut:

1. Nyamuk aedes agypti diketahui melakukan aktivitas dalam menggigit manusia di siang hari, bahkan untuk tempat berkembang biak jenis nyamuk ini yaitu di wadah-wadah buatan manusia itu sendiri.

Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk tidak membiarkan adanya wadah-wadah kosong yang tergenang air, seperti pot, ember dan lain-lain. Selain itu, Anda juga dianjurkan untuk mengganti air yang ada did alam bak mandi secara rutin. Dan jika air yang ada di dalam wadah memang harus tergenang dalam waktu yang cukup lama, maka Anda sebaiknya menyiapkan penutup yang rapat di bagian atas wadah.

2. Anda juga dianjurkan untuk membalikan wadah-wadah yang kosong yang memang dipercaya mampu menampung air, sehingga hal ini bisa mencegah kemungkinan adanya genangan air yang tertampung yang memang tidak di inginkan.

3. Anda juga harus menggunakan obat nyamuk, baik oles atau bahkan bakar, baik di siang hari atau bahkan malam hari guna mengusir nyamuk.

4. Selain itu, Anda juga harus memastikan kalau keadaan jendela juga pintu tidak memiliki lubang kecil, sehingga bisa memberi jalan masuk bagi nyamuk. Anda juga harus memastikan kalau ventilasi udara di dalam rumah Anda memiliki penyaring untuk mencegah masuknya nyamuk.

5. Jika memang perlu, Anda bisa menggunakan jaring anti nyamuk atau kelambu pada tempat tidur Anda.

6. Tutupal bagian tempat sampah jika memang tidak di gunakan. Karena tempat-tempat seperti ini merupakan tempat yang paling favorit untuk mereka singgahi.

7. Dan cara alami untuk menghindari nyamuk dari kita yaitu dengan meletakkan tanaman tulis atau tulasi di dekat jendela rumah. Karena jenis tanaman ini memiliki beberapa sifat yang memang mampu mencegah nyamuk untuk berkembang biak.

8. Kamper atau bahkan kapur barus juga bisa Anda gunakan untuk menjauhkan nyamuk. Caranya cukup mudah, Anda cukup membakar kapur barus di dalam ruangan yang telah Anda tutup jendela juga pintunya, diamkan paling tidak selama 15 menit. Maka setelah itu, ruangan Anda akan terbebas dari serangan nyamuk.

Related Posts

Share This