Tips Aman Membuat Makanan Sehat Untuk Bayi

Penting untuk Anda ketahui, bahwa Anda bisa dengan mudah dan aman membuat makanan sehat untuk bayi dengan memakan waktu yang tidak banyak. Makanan sehat untuk bayi yang Anda buat sendiri merupakan alternatif yang paling baik dan sehat jika di bandingkan dengan si kecil yang mengkonsumsi makanan bayi yang memang banyak beredar di pasaran.

Namun, sebelum Anda memutuskan membuat makanan untuk bayi dengan tangan Anda sendiri, ada beberapa hal yang memang harus Anda perhatikan guna menjaga kualitas makanan yang akan diberikan kepada si kecil. Apa sajakah itu? Yuk simak sama-sama ulasannya di bawah ini.

Persiapan – Anda, Tempat dan Alat-alat

Sebelum Anda membuat makanan bayi sehat, maka Anda harus memastikan kalau Anda sudah benar-benar mencuci tangan Anda dengan sangat bersih. Dan pastikan semua alat yang akan di gunakan seperti kompor, keadaan dapur, peralatan masak dan beberapa perlengkapan lainnya ada dalam keadaan yang juga benar-benar bersih dan steril.

Metode Aman Untuk Mempersiapkan Makanan Yang Layak

  1. Buah-buahan dan sayuran

Anda harus memastikan kalau buah atau bahkan syauran yang Anda gunakan sebagai bahan dasar makanan bayi sudah tercuci hingga bersih. Walaupun Anda tidak menggunakan kulit buah atau bahkan sayuran tersebut, namun Anda harus tetap mencucinya dengan bersih dan cuci dengan air yang mengalir.

Baik buah atau bahkan sayuran, Anda harus mengupas terlebih dahulu bagian kulit dan buang bagian biji-bijinya. Terutama jika Anda akan membuat makanan bayi untuk usia 6 bulan.

Gunakan papan potong yang terbuat dari kayu, karena hal ini akan jauh lebih aman jika Anda menggunakan papan potong berbahan pelastik. Maka dari itu, ketika Anda memotong sayur atau bahkan buah, Anda dianjurkan untuk menggunakan papan potong kayu.

  1. Daging

Ketika Anda tengah mempersiapkan daging, maka keadaan tangan Anda juga harus benar-benar bersih atau bahkan Anda bisa menggunakan sarung tangan plastic. Dan ketika Anda akan mempersiapkan bahan makanan lainnya selain daging, maka Anda juga harus mencuci tangan Anda setelah Anda memegang daging.

Ingat! Anda tidak dianjurkan untuk menggunakan permukaan atau bahkan peralatan yang sama digunakan untuk mengolah buah atau sayuran.

Cairakn selalu daging di dalam kulkas atau bahkan dengan microwave, dan jangan pernah Anda mencairkan daging di atas konter. Pastikan daging yang akan Anda berikan kepada si kecil dalam keadaan matang, tidak setengah matang apalagi mentah.

  1. Tips Keamanan Makanan dan Yang Harus dilakukan

Ingat! Anda jangan pernah meninggalkan makanan yang memang belum di masak atau bahkan yang sudah Anda masak diluar konter, atau pada suhu ruangan yang lebih dari 2 jam. Makanan yang telah beku juga tidak dianjurkan untuk Anda cairkan lalu Anda bekukan kembali tanpa Anda masak terlebih dahulu. Dan makanan beku sebaiknya berada pada suhu 0 derajat atau bahkan di bawah 0 derajat celcius.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517