Tips Aman Mandi Malam Saat Hamil

Mandi merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk menjaga kesehatan kulit. Idealnya mandi harus dilakukan minimal dua kali dalam sehari yaitu pada pagi dan sore hari. Kegerahan terkadang dirasakan oleh ibu hamil terutama memasuki usia kehamilan tahap akhir. Kondisi tersebut terkadang memicu ibu hamil mandi beberapa kali dalam sehari.

Kegerahan pada ibu hamil bisa dipicu oleh beberapa faktor yaitu ukuran tubuh yang semakin membesar, pengaruh hormon progesteron dan kecepatan sirkulasi darah meningkat sehingga memicu kelenjar keringat. Kegerahan bisa menyerang ibu hamil di malam hari sehingga hal ini kadang memaksa ibu hamil untuk mandi.

Mandi malam saat hamil merupakan salah satu cara dalam mengatasi dan menyiasati kegerahan. Akan tetapi apakah hal ini aman untuk dilakukan oleh ibu hamil? Menurut pakar kesehatan mengemukakan bahwa mandi malam saat hamil tidak akan berdampak negatif terhadap kesehatan dan kehamilan.

Bolehkah ibu hamil mandi malam? Tentunya boleh-boleh saja dan tidak ada larangan. Namun meskipun begitu kebiasaan mandi malam selama hamil sebaiknya jangan terlalu sering dilakukan karena dikhawatirkan bisa mengakibatkan ibu hamil mengalami gejala masuk angin.

Adapun manfaat mandi malam untuk ibu hamil yaitu sebagai berikut

  1. Menghilangkan stres

Mandi malam saat hamil bisa membantu mengatasi stres. Mengapa demikian? Hal ini karena mandi pada waktu malam hari bisa membantu kinerja tubuh dalam menghentikan aktivitas hormone yang bisa memicu stress yaitu serotonin.

  1. Mengatasi permasalahan tidur

Bagi Anda yang mengalami keluhan tidur di malam hari, cobalah untuk mandi menggunakan air hangat. Mandi air hangat pada malam hari akan membantu otot tubuh menjadi lebih rileks sehingga memicu rasa kantuk. Disamping itu untuk mengatasi keluhan susah tidur, cobalah gunakan posisi tidur yang baik dan benar.

  1. Mengatasi hipertensi

Mandi malam saat hamil bisa Anda jadikan sebagai salah satu cara untuk terapi dalam mengatasi dan mencegah penyakit hipertensi. Gunakan air hangat untuk mandi di malam hari. Guyuran air hangat yang membasahi tubuh Anda secara tidak langsung akan menstimulasi jantung sehingga memperlambat kinerjanya dan tekanan darah akan senantiasa normal.

  1. Mengendurkan otot yang tegang

Aktivitas harian selama hamil terkadang mengakibatkan pinggang, otot tangan dan kaki menjadi tegang atau pegal-pegal. Mandi malam bisa dijadikan sebagai salah satu cara terapi untuk mengendurkan otot tubuh sehingga menjadi lebih rileks.

Mandi malam saat hamil tidak ada larangan. Namun kegiatan tersebut harus dilakukan secara teratur dengan suhu air yang disesuaikan. Hindari menggunakan air dengan suhu yang terlalu dingin karena bisa menyebabkan masuk angin ataupun mengganggu kesehatan janin di dalam kandungan. Gunakan air hangat dengan suhu yang tidak terlalu panas.

Related Posts

Share This