Tips Aman Konsumsi Daging Kambing Bagi Ibu Hamil

Ibu hamil dituntut untuk lebih selektif dan berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan. Sebenarnya tidak ada anjuran atau pantangan mengenai hal ini. Namun, ibu hamil sebaiknya mengontrol setiap makanan yang akan dikonsumsi. Sebab tidak bisa dipungkiri bahwa setiap makanan akan berpengaruh terhadap kesehatan janin. Lalu bagaimana jika ibu hamil makan daging kambing?

Makan daging kambing saat hamil memang memiliki resiko bagi kesehatan dan perkembangan janin di dalam kandungan. Akan tetapi bukan berarti ibu hamil tidak boleh mengkonsumsi makanan tersebut. Yang perlu dilakukan adalah memberikan kontrol dan kendali dalam mengkonsumsi makanan tersebut sehingga tidak berlebihan.

Daging kambing bagi ibu hamil bisa menyebabkan taksoplasma, sembelit, tekanan darah tinggi dan koleterol. Namun tahukah Anda jika daging kambing dikonsumsi dengan porsi yang tepat maka sangat berguna dan menjadi solusi dalam mencegah penyakit anemia selama kehamilan. Nah, maka dari itu ibu hamil tidak dilarang mengkonsumsi daging kambing dengan catatan tidak berlebihan.

Berikut Tips Aman Mengkonsumsi Daging Kambing Saat Hamil

  1. Masak hingga matang

Tips aman mengkonsumsi daging kambing bagi ibu hamil yang pertama yaitu mengolah daging tersebut hingga benar-benar matang. Hal ini karena daging kambing sangat rentan terinfeksi bakteri taksoplasma. Bakteri jenis ini sangat berbahaya bagi ibu hamil karena bisa menyebabkan bayi lahir cacat atau kelahiran secara prematur. Hindari mengkonsumsi daging kambing dengan cara dibakar atau sate karena sangat beresiko membahayakan ibu hamil.

  1. Pilihlah daging yang higienis

Pilihlah daging kambing yang masih segar. Hindari mengolah dan mengkonsumsi daging yang sudah disimpan beberapa hari di dalam lemari pendingin. Daging kambing berpotensi terinfeksi bakteri Listeria jika dibiarkan terlalu lama.

  1. Hindari penggunaan penyedap rasa

Seperti yang kita ketahui bahwa daging kambing merupakan salah satu jenis makanan pemicu tekanan darah tinggi. Terlebih lagi jika dipadukan dengan bumbu penyedap seperti garam, kecap, MSG dan bumbu lainnya. Maka dari itu, hindari menggunakan penyedap terlalu berlebihan jika ingin mengkonsumsi daging kambing pada waktu hamil.

  1. Kombinasikan dengan lalapan

Mengkonsumsi daging kambing bisa menyebabkan ibu hamil mengalami masalah pencernaan seperti diare. Nah, untuk mencegah hal tersebut, konsumsilah daging kambing dengan campuran sayuran atau lalapan. Anda bisa mengkonsumsi daging kambing dengan campuran daun pepaya atau buah pepaya. Enzim papain pada pepaya berguna untuk memperlancar dan menjaga saluran pencernaan.

Nah, demikian tips aman mengkonsumsi daging bagi ibu hamil. Dengan mengikuti langkah-langkah diatas diharapkan ibu hamil tidak mengalami masalah. Pada dasarnya konsumsi daging kambing tidak akan membahayakan apabila diolah dengan baik dan dikonsumsi secara wajar/tidak berlebihan. Semoga tips ini bermanfaat!

Related Posts

Share This