Tips Aman Ibu Hamil Naik Pesawat

Pada dasarnya melakukan perjalanan jauh tidak ada larangan bagi ibu hamil. Entah itu karena alasan pekerjaan ataupun hanya sekedar untuk pergi berlibur. Pada zaman modern seperti saat ini banyak moda transportasi yang bisa digunakan untuk menempuh jarak yang cukup jauh. Namun dalam kondisi hamil tentunya seseorang akan memilih jenis transportasi yang nyaman dan tidak membutuhkan waktu lama. Nah, terkait dengan hal tersebut banyak pertanyaan bagaimana jika ibu hamil naik pesawat? Apakah diperbolehkan?

Wanita hamil naik pesawat merupakan suatu hal yang tidak dilarang. Namun sebaiknya perjalan tersebut tidak terlalu sering dilakukan, terlebih lagi jika usia kehamilan sudah memasuki tahap akhir atau trimester ketiga. Disamping itu, perjalanan menggunakan pesawat yang dianjurkan bagi ibu hamil yaitu tidak melebihi 4 jam. Jika melebihi batas waktu tersebut maka sangat beresiko bagi ibu hamil.

Bolehkah ibu hamil naik pesawat? Tentunya boleh, akan tetapi harus dengan berbagai pertimbangan sehingga tidak akan membahayakan kesehatan ibu hamil dan janin. Alangkah lebih baiknya jika Anda berkonsultasi terlebih dahulu sebelum melekukan perjalanan menggunakan moda transportasi tersebut.

Beberapa maskapai penerbangan biasanya memiliki kebijakan masing-masing untuk mengatur penerbangan bagi wanita hamil. Pada dasarnya wanita hamil akan diperbolehkan menaiki pesawat jika menunjukan surat rekomendasi dari dokter.

Nah, Berikut ini Tips Aman Naik Pesawat Bagi Ibu Hamil

Walaupun perjalanan menggunakan pesawat dinilai aman bagi ibu hamil, namun hal ini bisa saja menyebabkan lbeberapa keluhan yang tidak terduga seperti dehidrasi, mual ataupun pembekuan darah. Oleh karena itu berikut ini penulis akan memberikan beberapa tips aman untuk melakukan perjalanan menggunakan pesawat bagi ibu hamil.

  • Berkonsultasilah dengan dokter dan pastikan Anda dalam keadaan sehat. Mintalah surat rekomendasi yang menyatakan Anda dalam keadaan sehat serta tidak memiliki komplikasi apapun.
  • Pesanlah tempat duduk yang nyaman dan berada di sekitar lorong sehingga ketika Anda mengalami keluhan seperti mual atau ingin buang air kecil lebih mudah untuk menuju kamar kecil.
  • Supaya tidak mengalami keluhan kram pada kaki, sesekali cobalah untuk berdiri dan berjalan di lorong pesawat.
  • Mintalah obat atau vitamin dari dokter untuk mengatasi mual dan mencegah mabuk perjalanan.
  • Gunakan stocking supaya dapat terhindar dari pembekuan darah pada bagian kaki. Hal ini mengingat pembekuan darah bisa terjadi pada ibu hami yang naik peswat dengan ketinggian 1000 kaki.
  • Hindari dehidrasi dengan minum air putih secukupnya.

Itulah tips aman melakukan perjalanan menggunakan pesawat terbang bagi ibu hamil. Perjalanan jauh menggunakan pesawat sebaiknya tidak Anda lakukan jika kehamilan sudah menginjak usia tahap akhir atau trimester ketiga. Hal ini karena sangat beresiko terjadinya gangguan pada kehamilan Anda.

Related Posts

Share This