Tips Agar Mata Sehat Meskipun Sering Menatap Layar Komputer

Tidak sedikit pada usia produktif banyak orang yang mengalami masalah dengan indera penglihatan sehingga hal ini jelas sekali sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Adanya gangguan kesehatan pada mata sebaiknya tidak dianggap sepele dan harus ditangani dengan benar. Faktor pnyebab masalah pada mata tidak lain akibat kebiasaan atau perilaku buruk sehari-hari. Salah satu contohnya frekuensi menatap layar komputer atau gadget yang terlalu lama sehingga membuat mata menjadi lelah.

Pada era modern seperti saat ini memang tidak bisa dipungkiri bahwa gadget nampaknya sudah menjadi hal yang lumrah dan teman sehari-hari. Banyak orang yang tidak bisa terlepas dari gadget. Selain itu, pekerjaan kantoran juga mengharuskan karyawan untuk berinteraksi dengan layar komputer minimal 8 jam per hari. Kondisi ini jelas sangat membahayakan kesehatan mata. Maka dari itu sebaiknya dalam hal ini ada solusi yang baik guna menjaga mata agar tetap sehat.

Berikut Tips Untuk Merawat dan Menjaga Kesehatan Mata

Gangguan akibat sering menatap layar komputer diantaranya yaitu Computer Vision Syndrome (CVS), mata lelah (astenopia) dan juga mata kering (dry eye) serta gangguan gangguan refraksi. Nah, berikut ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan supaya mata tetap sehat.

#1. Katika melakukan pekerjaan yang mengharuskan untuk menatap layar monitor dalam waktu lama maka sebaiknya setiap 30 menit sekali selingi dengan aktivitas melihat jarak jauh. Jangan terlalu terfokus pada layar monitor, sesekali lihatlah pojok ruangan atau sempatkan untuk melihat ke luar jendela. Hal ini untuk mengalihkan pdandangan Anda supaya tidak terlalu terfokus pada monitor.

#2. Sebaiknya tidak melakukan pekerjaan dekat secara terus menerus. Hal ini karena saat Anda melakukan pekerjaan dekat maka mata akan berakomodasi dan jika hal ini berlangsung terus menerus maka akan menyebabkan mata menjadi sangat mudah lelah.

Baca Juga:  Anda Susah Tidur Malam Hari? Praktekan Teknik Pernapasan 4-7-8

#3. Menatap layar komputer secara tidak sadar akan membuat reflex berkedip kita menjadi berkurang. Kondisi tersebut bisa menyebabkan mata menjadi kering. Maka dari itu sebaiknya lakukan berkedip secara teratur selama Anda menatap layar komputer untuk menghindari mata kering dan iritasi.

#4. Ketika ada istirahat maka usahakan untuk melihat obyek yang jauh. Salah satunya yaitu dengan melakukan senam ringan untuk peregangan otot bahu dan juga leher guna mencegah terjadinya Computer Vision Syndrome.

#5. Perhatikan juga jarak ketika Anda menggunakan gadget. Jarak ideal yaitu 30 hingga 40 cm dan pastikan posisi gadget lebih rendah daripada posisi mata.

#6. Idealnya penggunaan laptop/komputer dan juga gadget sebaiknya dibatasi selama 2 jam saja setiap harinya.

#7. Pencahayaan untuk komputer sebaiknya tidak terlalu terang sebab bisa menyebabkan mata mudah merasa lelah.

#8. Selain itu, pencahayaan ruangan juga sebaiknya diperhatikan agar tidak terlalu kontras dengan pencahayaan komputer. Hindari ruangan yang redup karena bisa menyebabkan kontras yang terjadi secara berlebihan. Nah, kondisi ini akan membuat mata menjadi tidak nyaman.

#9. Usahakan untuk menonton dengan jarak yang ideal yaitu sekitar 4 hingga 5 kali diagonal tv.

#10. Selain menonton tv, menatap layar komputer, gadget, perhatikan juga jarak ideal ketika Anda membaca bukau. Hindari kebiasaan membaca buku sambal tiduran atau di tempat yang redup.

#11. Perbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran. Mengkonsumsi makanan sehat dan kaya akan nutrisi tentunya akan membuat mata senantiasa sehat.

#12. Senam mata dan pijatan pada area sekitar mata akan membantu menjaga kesehatan mata serta mengurangi mata yang lelah. Dengan pemijatan mata yang baik maka akan membantu memperlancar sirkulasi darah di area tersebut.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi Bundakim.com. Instagram: @bundakim7 SMS / WA: 0813 2154 8517