Tips Agar Cepat Melahirkan Dengan Gerakan Senam

Harapan setiap ibu hamil tentunya ingin melahirkan secara normal dan terhindar dari gangguan apapun. Namun kadang kala tidak semua orang bisa melahirkan dengan cara alami. Terkadang ada saja gangguan yang mengharuskan untuk melahirkan dengan cara caesar.

Nah, dalam upaya untuk menghindari hal tersebut sebaikny Anda lebih berhati-hati dan telaten untuk menjaga kesehatan selama hamil. Sebenarnya menjaga kesehatan pada waktu hamil sangat mudah. Kuncinya dengan mencukupi kebutuhan nutrisi dan menghindari hal-hal yang sekiranya bisa membahayakan kandungan.

Dalam upaya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, berikut ini penulis akan memberikan ulasan mengenai tips agar cepat melahirkan dengan lancar. Lalu apa saja yang bisa dilakukan oleh ibu hamil?

Salah satu hal yang disarankan bagi ibu hamil untuk memperlancar proses persalainan yaitu dengan melakukan gerakan senam secara rutin dan teratur. Olahraga senam hamil merupakan salah satu tindakan sederhana namun manfaatnya luar biasa. Jika dilakukan dengan benar dan teratur maka akan memberikan dampak positif selama hamil dan memperlancar persalinan.

Gerakan senam ibu hamil sangat mudah dan bisa dilakukan oleh siapapun. Namun dalam melakukan latihan tersebut sebaiknya ibu hamil berhati-hati dan jangan terlalu kecapean. Lakukan dengan intensitas rendah, namun teratur.

Berikut Gerakan Senam Yang Bisa Dilakukan Agar Cepat Melahirkan Dengan Normal dan Lancar

Senam Kegel

Gerakan senam yang pertama yaitu dengan senam kegel. Manfaat dari senam ini yaitu untuk menstimulus otot bagian panggul seperti usus, kandung kemih dan rahim. Gerakan senam ini sangat mudah dan sederhana.

Cara melakukannya yaitu dengan posisi duduk diatas kursi yang permukaanya rata. Disamping itu Anda juga bisa mencoba gerakan ini ketika sedang buang air kecil di toilet. Caranya dengan mengencangkan perut, pantat dan paha. Lalu mulailah untuk merasakan sensai panggul sebab dalam hal ini Anda berusaha menghentikan aliran air.

Dalam hal ini gunakan otot panggul untuk gerakan dasar. Rasakan kontraksi selama kurang lebih 5 – 10 menit. Dengan melakukan gerakan ini secara rutin maka akan bermanfaat pada proses melahirkan normal dan tentunya lancar.

Gerakan Yang Diperuntukan Sendi Panggul

Manfaat dari gerakan ini yaitu untuk memperkuat bagian panggul, paha dan punggung. Hal ini sebagai upaya untuk mempersiapkan persalinan normal dan lancar. Dengan gerakan ini maka secara tidak langsung akan memperlancar sirkulasi darah pada tubuh bagian bawah.

Gerakan ini bisa Anda lakukan dengan cara duduk bersila dilantai dan posisikan punggung supaya tegak lurus. Lalu tekan lutut keduanya kearah lantai dengan siku. Nah, mulailah rasakan otot meregang pada bagian paha dalam. Lakukan secara rutin setiap hari dengan intensitas rendah dan hindari kelelahan.

Gerakan Jongkok

Gerakan ini terbilang gerakan yang sangat ringan namun berguna untuk mendorong pembukaan panggul secara alami. Apabila panggul mudah terbuka maka proses melahirkan akan dengan mudah dijalankan secara normal tanpada ada campur tangan operasi caesar.

Gerakan ini dilakukan dengan cara berdiri dan posisi punggung menghadap dinding. Pastikan punggung benar-benar lurus. Lalu buka kaki selebar bahu dan posisikan lengan pada bagian samping tubuh.

Setelah itu secara perlahan gerakan tubuh kebawah sampai berada pada posisi seperti Anda jongkok dengan paha sejajar lantai. Lakukan latihan ini secara rutin.

Itulah beberapa gerakan yang bisa dilakukan guna menunjang persalinan yang normal dan tentunya lancar. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Share This