Tindakan Tepat Untuk Melatih Anak Berjalan

Kemampuan motorik bayi semakin meningkat ketika memasuki usia 9 bulan. Perkembangan tersebut ditandai dengan kemampuan bayi untuk berdiri dan berjalan meskipun keseimbangan tubuhnya belum sempurna. Pada tahapan ini, anak akan menjalani sebuah proses untuk belajar berjalan. Dalam hal ini peranan orangtua sangat dibutuhkan untuk menstimulus kemampuan bayi dalam berjalan. Anda sebagai orangtua dituntut untuk melatih kemampuan anak dalam berjalan dengan tindakan-tindakan yang tepat sehingga memberikan rasa aman.

Setiap anak memiliki tahapan usia yang berbeda untuk dapat mulai berjalan. Sebagian anak sudah memiliki kemampuan untuk belajar berjalan ketika berusia 9 bulan. Namun ada juga yang mulai berjalan ketika memasuki usia 12 bulan. Kondisi seperti ini tentunya dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya yaitu keberanian dan rasa percaya diri dari anak untuk belajar berdiri serta menyeimbangkan tubuhnya.

Tindakan Yang Bisa Anda Lakukan Untuk Melatih Berjalan Pada Anak

  • Hadirkan suasana yang aman bagi anak

Langkah pertama yang harus Anda lakukan dalam melatih berjalan pada anak untuk pertama kalinya yaitu dengan menghadirkan suasana yang aman dan menyenangkan. Kebanyakan orangtua biasanya merasa khawatir kalau anaknya akan terjatuh. Untuk mengatasi hal tersebut sebaiknya Anda melakukan persiapan terlebih dahulu dengan menciptakan suasana yang aman sehingga rasa percaya diri anak akan perlahan muncul. Salah satu hal yang bisa Anda lakukan dalam mengatasi kekhawatiran tersebut yaitu dengan menaruh karpet pada lantai sehingga ketika si kecil terjatuh tidak akan terjadi benturan. Selain itu, hindarkan pula baenda-benda berbahaya yang bisa melukai si kecil ketika belajar berjalan.

  • Jangan menggunakan baby walker

Pemakaian baby walker untuk melatih anak berjalan sangat tidak dianjurkan karena bisa membahayakan keselamatan si kecil ketika jatuh. Selain itu, pemakaian alat ini bisa menghambat kemampuan si kecil untuk belajar berjalan. Mengapa demikian? Hal ini karena alat tersebut akan menghambat stimulus pada bagian otot paha dan kaki untuk bekerja secara optimal. Alangkah lebih baiknya supaya anak-anak belajar berdiri dan berjalan dengan cara yang alami tanpa bantuan alat.

  • Memilih Sepatu dan Sandal Yang Cocok Untuk Si Kecil

Sebenarnya sepatu dan sandal belum terlalu dianjurkan ketika pertama kali melatih anak berjalan. Namun tidak ada salahnya untuk memberikan sepatu atau sandal untuk melindungi kaki si kecil. Untuk mengoptimalkan kemampuan berjalan si kecil, sebaiknya Anda memilih sepatu atau sandal dengan ukuran yang cocok sehingga tidak menghambat proses belajar berjalan si kecil.

  • Permainan untuk menstimulus kemampuan berjalan

Permainan bisa Anda gunakan sebagai salah satu cara untuk merangsang kemampuan berjalan pada anak. Pilihlah jenis mainan yang disukai oleh anak dengan warna yang mencolok. Letakan mainan tersebut di hadapan si kecil dengan jarak yang tidak terlalu jauh. Mainan akan merangsang si kecil untuk berjalan.

  • Menjaga berat badan ideal si kecil

Berat badan si kecil penting untuk dijaga supaya mengoptimalkan kemampuan belajar berjalan. Apabila si kecil mempunyai berat badan yang berlebih maka akan menyulitkan untuk menyeimbangkan tubuhnya. Anda harus mengetahui batasan normal berat badan ideal anak di setiap tahap perkembangannya. Hal ini karena berat badan ideal akan menunjang kemampuan berjalan pada si kecil. Menjaga berat badan anak bisa Anda lakukan dengan cara memperhatikan setiap asupan makanan yang bergizi.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517