Tindakan Khusus Menggendong Bayi Yang Bermanfaat Dalam Kondisi Tertentu

Bayi yang memiliki kebutuhan khusus memerlukan perawatan yang berbeda dengan bayi normal pada umumnya. Bayi dengan kebutuhan khusus bukan berarti tidak normal akan tetapi kondisi bayi tersebut memerlukan perawatan yang lebih ekstra. Salah satu contohnya yaitu bayi kembar yang membutuhkan perawatan khusus dan memerlukan tenaga ekstra. Oleh karena itu untuk menangani bayi yang mempunyai kebutuhan khusus, Anda di tuntut untuk lebih kreatif dan bersabar.

Manfaat Menggendong Bayi

Bayi kembar

Memiliki bayi kembar mungkin memerlukan teknik berbeda ketika melakukan perawatan. Salah satunya yaitu ketika membawa bayi untuk jalan-jalan keluar rumah. Mungkin sebagian orangtua akan merasa kerepotan ketika harus membawa bayi kembar untuk pergi keluar rumah. Dalam hal ini diperlukan tindakan khusus untuk menggendong bayi kembar. Menggunakan selempang untuk menggendong bayi kembar lebih baik daripada menggunakan kereta dorong. Hal ini akan berpengaruh bagi perkembangan psikis terutama kemampuan berinteraksi antar sesama  bayi kembar.

Bayi prematur

Bayi yang mempunyai kebutuhan khusus seperti bayi prematur, membutuhkan perawatan medis yang lebih intensif. Bayi yang terlahir secara premature biasanya diletakan di dalam inkubator untuk menjaga suhu tubuh dan menunjang perkembangan bayi. Akan tetapi tahukah Anda, kalau menggendong bayi premature sangat bermanfaat bagi pertumbuhan dan kesehatannya. Para ahli menyimpulkan bahwa kedekatan bayi dengan sang ibu akan membantu tumbuh kembang bayi. Kehangatan tubuh ibu akan menjaga suhu tubuh bayi supaya tetap hangat. Selain itu, gerakan sang ibu akan membuat bayi lebih tenang.

Bayi yang mengalami gagal tumbuh

Menggendong merupakan salah satu tindakan yang sangat bermanfaat bagi bayi yang mengalami gagal tumbuh. Menggendong bayi dengan menggunakan selempang dinilai lebih efektif untuk mendukung perkembangan bayi yang mengalami gangguan. Gerakan ibu ketika menggendong bayi akan memberikan efek positif bagi perkembangan bayi. Hal ini karena gerakan dari sang ibu akan memberikan rasa nyaman dan ketenangan bagi bayi. Kondisi bayi yang tenang akan membuat bayi tidak akan menangis sehingga energi yang dimiliki oleh bayi akan lebih banyak digunakan untuk pertumbuhan.

Baca juga : Seni Menggendong Bayi Dengan Berbagai Macam Variasi

Hormone pertumbuhan akan meningkat ketika bayi lebih sering digendong. Sistem biologis di dalam tubuh bayi akan bekerja lebih baik ketika digendong sehingga hal ini sangat bermanfaat untuk membantu pertumbuhan bayi yang mengalami gagal tumbuh.

Bayi yang lahir cacat

Tindakan dan kebiasaan menggendong akan sangat bermanfaat bagi bayi yang terlahir premature. Kehangatan dan sentuhan dari sang ibu akan menjadi stimulus untuk membantu pertumbuhan bayi. Secara tidak langsung bayi akan mendengar dan merasakan setiap tindakan yang dilakukan oleh sang ibu. Hal ini tentunya akan membuat bayi merasa lebih nyaman dan mendorong pertumbuhannya. Bagi Anda yang mempunyai bayi terlahir cacat sebaiknya jangan berkecil hati, berikan perawatan terbaik dan kasih sayang yang melimpah supaya bayi bisa tetap tumbuh dengan sehat.

Related Posts

Share This