Ternyata Mengkonsumsi Putih Telur Juga Berdampak Pada Kesehatan Anak

Mungkin Anda pernah mendengar cerita terkait para binaraga yang memang terus berusaha untuk membesarkan bagian ototnya dengan mengkonsumsi telur, tepatnya memperbanyak mengkonsumsi putih telur. Hal tersebut dilakukan guna memberikan asupan protein, karena protein sangat di butuhkan guna membentuk otot.

Tidak banyak orang yang tahu, dampak buruk terhadap kesehatan jika memang sering mengkonsumsi putih telur. Dan ternyata kandungan putih telur juga bisa membahayakan kesehatan orang yang mengkonsumsinya, terutama pada anak-anak.

Jika seperti itu, apa bahaya putih telur untuk kesehatan anak? Ingin tahu jawabannya? Yuk simak ulasannya berikut ini:

  1. Kekurangan vitamin B7/Biotin

Jika si kecil sangat suka mengkonsumsi putih telur, maka hal ini mampu menurunkan saupan biotion vitamin B7, apalagi ketika di konsumsi dalam keadaan mentah. Dan ketika si kecil kekurangan biotin, maka bisa menyebabkan kondisi kulit yang buruk seperti dermatitis atau cradle cap terhadap kulit kepala bayi.

Bukan hanya itu, kurangnya biotin juga bisa menyebabkan otot menjadi lemah, rasa sakit juga kram pada bagian otot, kejang hingga rambut si kecil yang semakin rontok.

Belum lagi besarnya resiko terkena bakteri Salmonella. Maka dari itu, ketika Anda hendak memberikan telur kepada si kecil, masaklah telur dalam keadaan yang benar-benar matang, dan kontrol asupan telur untuk si kecil.

  1. Alergi

Ada beberapa diantaranya anak yang memang akan mengalami alergi dikarenakan mereka terlalu banyak mengkonsumsi telur. Dan hal ini disebabkan oleh terlalu banyaknya asupan albumin kedalam tubuh si kecil.

Dan patsinya hal ini bisa menimbulkan efek samping seperti gatal-gatal, ruam kulit, pembengkakan kulit, mual yang disertai muntah, diare serta beberapa gejala lainnya.

Dan gejala yang memang jauh lebih parah lagi yang memang bisa terjadi ketika si kecil terlalu banyak mengkonsumsi putih telur yaitu sulitnya bernapas, terjadinya pembengkakan terhadap tenggorokan, mulut serta saluran pernapasan, bahkan kerap kali adanya penurunan tekanan darah yang memang berlangsung secara mendadak yang menyebabkan pusing juga kehilangan kesadaran. Jika sudah seperti ini, wajib bagi Anda untuk menghindari si kecil dari telur.

  1. Kebanyakan protein

Mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan protein dalam jumlah yang tinggi mampu menimbulkan masalah terhadap ginjal. Ketika itu, keadaan ginjal harus menyaring darah yang memang terlalu banyak protein, dan hal ini merupakan suatu bentuk kerja keras untuk ginjal.

Bahkan Anda juga bisa memiliki resiko mengalami cidera ginjal yang sangat akut atau bahkan gangguan fungsi ginjal lainnya dikarenakan tidak mampu menyaring kelebihan protein dalam tubuh.

Telur memang memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan si kecil, namun jika si kecil mengkonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan maka bisa beresiko terhadap kesehatannya. Dan ternyata bukan hanya putih telur yang bisa membahayakan kesehatan, namun bahaya kuning telur juga ada jika memang di konsumsi secara berlebihan.

Related Posts

Share This