Ternyata Inilah Penyebab Mudah Mengantuk Setelah Makan Siang

Apakah Anda sering mengantuk setelah makan siang? Semua orang tentunya pernah mengalami hal ini dan nampaknya sudah menjadi hal yang terbilang sangat lumrah. Makan siang seringkali tak terkontrol dengan konsumsi berbagai jenis makanan, sepintas mungkin jenis makanan tersebut sehat namun ternyata memiliki efek samping lainnya. Sebagai contohnya saja beberapa makanan yang disantap setelah makan siang seringkali menjadi penyebab mudah mengantuk.

Mengantuk setelah makan siang memang sangat mengganggu dan menjadikan kita malas untuk melakukan aktivitas. Terlebih lagi bagi kita yang bekerja di kantoran, tentu saja kondisi mengantuk setelah makan siang menjadi hal yang memalukan sekaligus menurunkan kinerja kita. Dalam hal ini tentu saja harus ada solusi yang tepat guna mengatasi kondisi tersebut sehingga makan siang bukan lagi menjadi hal yang mengganggu pekerjaan.

Sebelum Anda mencari solusi untuk mengatasi penyebab mudah ngantuk setelah makan siang, alangkah lebih baiknya jika mengetahui faktor penyebabnya terlebih dahulu. Berikut ini ada beberapa poin penting yang perlu Anda ketahui terkait penyebab mudah mengantuk setelah makan siang.

Proses Metabolisme Tubuh Meningkat

Nah, salah satu penyebab Anda seringkali mengantuk setelah makan siang yaitu akibat proses metabolisme tubuh mengalami peningkatan. Terlebih lagi jika Anda mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak, protein dan karbohidrat yang tinggi. Hal ini akan memicu kinerja pengolahan makanan menjadi lebih berat. Pembuluh djarah akan lebih fokus terhadap proses metabolisme makanan jika dibandingkan dengan otak sehingga hal inilah yang membuat Anda lebih mudah mengantuk.

Hormon Insulin, Serotinin dan Melatonin Mengalami Peningkatan

Selanjutnya yang menjadi penyebab Anda lebih mudah mengantuk pada siang hari setelah jam makan siang yaitu terjadi peningkatan hormone. Setelah Anda mengkonsumsi makanan yang tinggi akan kandungan protein dan karbohidrat maka akan meningkatkan produksi insulin. Nah, jika insulin mengalami peningkatan dalam tubuh maka hal ini memicu produksi hormone serotonin dan melatonin. Hormon tersebut merupakan jenis hormone yang memicu rasa ngantuk.

Terdapat Penyakit Didalam Tubuh

Jika Anda makajn siang dengan porsi yang seimbang dan menu makanan sehat, namun masih saja mengalami rasa kantuk tak tertahankan setiap kali beres makan, maka hal ini perlu diwaspadai. Rasa kantuk yang sering kali timbul setelah makan siang bisa menjadi indikasi adanya gangguan penyakigt berbahaya pada tubuh Anda. Kemungkinan ada penyakit seperti kurang darah atau anemia, alergi makanan ataupun diabetes.

Sebaiknya periksakan diri Anda ke dokter untuk memastikan bahwa Anda baik-baik saja. Jika saja ada yang bermasalah dengan kesehatan Anda maka bisa secepatnya ditangani dengan baik oleh dokter dan mintalah solusi yang tepat guna mengatasi masalah kesehatan tersebut sehingga nantinya tidak akan berlanjut lebih serius lagi.

Nah, itulah beberapa penyebab mudah mnengantuk setelah makan siang. Itu hanya sebagian kecil dari penyebab. Jika ditelusuri lebih jauh lagi masih banyak faktor penyebab lainnya. Untuk terhindar dari rasa kantuk setelah makan siang sebaiknya terapkan pola hidup sehat dengan konsumsi makanan bergizi seimbang, istirahat cukup pada malam hari dan perbanyak minum air putih. Pola hidup sehat akan menjauhkan Anda dari berbagai masalah kesehatan yang sangat berbahaya ataupun ringan sekalipun.

Penuhi kebutuhan gizi tubuh Anda dengan makanan yang sehat dan bergizi. Minimal Anda bisa mencukupi kebutuhan 4 sehat 5 sempurna setiap harinya. Dengan begitu maka tubuh akan terhindar dari berbagai masalah kesehatan.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517