Terlalu Sering Bermain Ponsel Sebabkan Kerusakan Pada Tulang Belakang?

Tulang belakang. Ponsel atau bahkan gadget adalah salah satu benda elektronik yang sangat sulit untuk di pisahkan dari kehidupan mansuia di zaman yang serba modern ini. Bahkan, dalam setiap bentuk aktivitas harian, rasanya tidak akan pernah terlepas dari yang namanya ponsel ini yang mungkin telah menjadi bagian hidup setiap orang.

Namun apakah Anda tahu, bermain ponsel atau gadget terlalu sering atau terlalu lama bisa memberikan efek yang buruk untuk kesehatan Anda, terutama kesehatan tulang belakang. Apalagi jika Anda bermain ponsel di usia yang masih muda atau bahkan sejak berusia anak-anak, maka kemungkinan Anda mengalami kerusakan pada bagian tulang belakang semakin besar.

Bahkan ada beberapa study yang dilakukan oleh para ahli menyebutkan, bahwa bermain gadget atau ponsel dalam waktu yang cukup lama bisa membuat bagian tulang belakang menjadi rusak bahkan sangat rentan terhadap berbagai jenis masalah kesehatan.

Bahkan, seorang pakar kesehatan yang berasal dari New South Wales bernama Dr. James Carter menyebutkan, bahwa untuk saat ini tingkat kerusakan tulang belakang kian meningkat setiap tahunnya. Dan yang lebih mengejutkan lagi, kerusakan tulang belakang ini umumnya terjadi pada mereka yang masih berusia remaja juga anak-anak. Dan penyebab utama dari kerusakan tulang ini yaitu adanya pengaruh dari ponsel atau gadget yang setiap saat mereka gunakan. Baginya, kasus ini merupakan kasus yang serius yang sebaiknya segera di atasi dengan serius.

Menurut ungkapan dari Dr. Carter, penggunaan ponsel bukan hanya berpengaruh pada kerusakan tulang belakang, namun lebih jauh lagi penggunaan ponsel yang terlalu sering juga bisa merusak bagian tulang punggung juga tulang leher seseorang.

Dan jika hal tersebut terjadi, maka kondisi ini bisa memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap pelepasan sejumlah hormon bahagia, yaitu hormon endorphin. Bahkan Dr. Carter juga mengatakan, bahwa kondisi ini juga disebut dengan ‘the neck’. Seseorang akan mengalami kerusakan tulang punggung dikarenakan adanya kebiasaan menundukkan kepala ketika bermain ponsel atau gadget dalam waktu yang cukup lama.

Bahkan berdasarkan penjelasan dari Dr. Carter, dampak negatif dari seringnya menundukkan kepala sangatlah buruk untuk kesehatan tulang belakang Anda, tulang punggung juga tulang leher. Dan pastinya kondisi ini merupakan kondisi yang membahayakan kesehatan. Guna mengatasi kondisi tersbeut, tidak jarang seseorang yang mengalami kerusakan tulang belakang harus menjalankan prosedur operasi.

Walaupun posisi menunduk terlalu lama ketika bermain ponsel membahayakan kesehatan, namun hal ini masih bisa diminimalisir dengan cara rutin berolahraga. Bahkan, bahaya dari kecanduan bermain ponsel juga bisa Anda atasi dengan mudah, yaitu dengan cara menjalankan pola hidup yang sehat.

Dr. Carter juga menganjurkan, agar pengaruh dari ponsel ini tidak terlalu membahayakan kesehatan Anda, maka Anda bisa memainkan ponsel atau gadget Anda dengan posisi tiduran. Namun walaupun aman untuk tulang belakang Anda, posisi tidur juga memberikan dampak yang buruk untuk kesehatan mata.

Maka dari itu, supaya penggunaan ponsel tidak memberikan efek buruk untuk kesehatan tulang belakang atau bahkan kesehatan mata Anda, maka Anda harus bisa membatasi penggunaan ponsel. Karena cara tersebut merupakan cara yang terbaik dari segala bentuk cara.

Related Posts

Share This