Terjadinya Kram Perut Saat Kehamilan

Kram perut bisa terjadi beberapa kali di masa kehamilan. Memang kram perut tidak akan membahayakan ibu ataupun janin yang ada di dalam kandungan, namun ada diantaranya beberapa kasus yang terjadi bahwa kram perut bisa menjadi salah satu indikasi bahwa kehamilan mendapatkan masalah yang lebih serius yang nantinya bisa membahayakan janin yang ada di dalam kandungan. Karn perut bisa terjadi kapan saja tanpa mengenal usia kehamilan. Jika ibu hamil kerap merasakan kram perut yang disertai dengan nyeri yang luar biasa, maka sebaiknya ibu hamil segera menghubungi dokter kandungan guna memastikan tidak terjadi sesuatu pada kehamilabn Anda.

Kram Perut Saat Kehamilan

Memang benar, masa-masa kehamilan memang sangat erat hubungannya dengan kram yang terjadi di bagian perut. Penyebab kram ini semaktu-waktu akan terjadi ketika siklus menstruasi yang terjadi pada Anda menghilang ketika kehamilan, dan hal ini akan terjadi sampai proses persalinan berlangsung. Kram yang terjadi ketika Anda kehilangan siklus mentsruasi mengindikasikan bahwa tengah terjadi proses pertumbuhan embrio yang ada di dalam rahim. Hal ini bukanlah pertanda yang buruk, melainkan hal ini adalah pertanda yang baik bahwa embrio yang ada di dalam rahim tengah berkembang secara sempurna. Sisa dari kulit folikel yang mana melepaskan sel-sel telur ini nantinya akan berkembang bahkan bertambah besar setiap waktunya. Dan nantinya, corpus luteum ini mampu menghasilkan sejumlah hormon progesterone yang mana nantinya akan membantu selama masa kehamilan berlangsung.

Produksi hormon progesterone yang di lakukan oleh corpus luteum ini nantinya akan berhenti dengan sendirinya ketika plasenta mulai bisa memproduksi hormon tanpa adanya bantuan dari corpus luteum. Dan hal inilah yang menyebabkan kram pada bagian perut. Keadaan ini merupakan satu keadaan di mana sejumlah otot yang ada di bagian perut memompa rahim yang nantinya akan meregang serta melebar selama masa kehamilan. Dan kram yang terjadi di masa akhil kehamilan terutama menjelang proses persalinan merupakan satu pertanda bahwa tubuh si ibu sudah mulai siap untuk melangsungkan proses persalinan. Dan kram yang satu ini bukanlah pertanda yang menakutkan, bahkan kram yang seperti ini merupakan kram yang paling di tunggu oleh seoarng ibu hamil.

Kram perut bukanlah kram yang dapat membahayakan ibu juga janin yang ada di dalam kandungan. Akan tetapi, pada kenyataannya, kram perut ini bisa menjadi satu pertanda bahwa masa kehamilan tengah dalam masalah yang lebih serius. Bahkan, baik kram perut ataupun kram otot yang terjadi di masa kehamilan bisa bisa menjadi satu pertanda terjadinya kehamilan ektopik, yaitu dimana sel-sel embrio yang ada di dalam rahim tidaklah berkembang dengan baik. Pada kehamilan ektopik ini, biasanya sel-sel embrio akan menempati serta tumbuh di salah satu bagian tuba fallopi, dan tuba fallopi ini tidak memiliki ruang yang cukup besar untuk sebuah embrio agar bisa berkembang. Dan sebagai akibatnya, ibu hamil akan mengalami kram yang sangat hebat karena diakibatkan oleh merenggangnya tuba fallopi. Dan jika tidak segera terdeteksi, maka hal ini akan menyebabkan kematian pada ibu hamil yang dikarenakan oleh melarnya tuba fallopi.

Related Posts

Share This