Teknik Yoga yang Aman Dilakukan Si kecil

Menurut Tina Maladi, seorang pendiri kelas Yoga yang berada di Jakarta, yoga juga bisa di lakukan oleh anak-anak. Dan jenis yoga yang cocok di lakukan oleh si kecil yaitu yoga yang bersifat aman dan sesuai dengan pertumbuhan emosional si kecil juga fisiknya. Biasanya, yoga yang aman di lakukan oleh anak-anak di sebut dengan Hatha Yoga.

Nah, agar Anda sebagai orangtua memiliki gambaran terkait senam yoga yang aman untuk di lakukan anak-anak, berikut ini Tina memberikan beberapa gambaran terkait senam yoga yang sering di lakukan oleh anak-anak di kelasnya, yaitu sebagia berikut:

  1. Gerakan yoga yang pertama yang memang biasa di berikan kepada anak-anak yaitu menggabungkan gerakan yoga yang aman bagi si kecil dengan kegiatan bercerita, beberapa aktivitas keterampilan tangan, serta aneka permainan. Dimisalkan, ada beberapa gerakan senam yoga yang diperuntukan bagi anak dengan meniru gerakan binatang, misalkan seperti mengaum, atau bahkan menggunakan alat bantu seperti boneka untuk mereka gunakan sebagai latihan mengatur nafas.
  2. Banyak juga gerakan yoga yang di ambil dari tema alam, misalkan seperti gerakan yoga menyerupai postur pohon, menyerupai postur gunung, menyerupai ksatria, dan masih banyak lagi. Dan postur-postur seperti ini pastinya baik untuk di ajarkan kepada si kecil. Mengapa? Karena setiap postur atau bentuk memiliki latar belakang filsofi terkait penghormatan terhadap alam semesta beserta isinya.
  3. Biasanya, anak-anak juga diajarkan gerakan yoga games, yakni gerakan yoga yang mendukung kerja sama beserta tim atau individu yang disertai dengan pola piker “win-win”. Yoga jenis ini memiliki sifat kompetitif. Karena semua anak memiliki perbedaan fisik, maka selalu ada modifiaksi dalam gerakannya guna menyesuaikan kemampuan kognitif serta fisik dari anak yang mengikuti kelas senam yoga ini.
  4. Biasanya yoga yang diperuntukan bagi anak juga kerap kali menggunakan afirmasi, yaitu beberapa kalimat untuk peneguhan. Hal ini berlaku sebagai pesan positif yang nantinya akan dan mampu memunculkan perasaan tentram bagi jiwa si kecil, damai, cinta bahkan perasaan kasih sayang terhadap diri anak.
  5. Yoga anak juga kerap kali menggunakan sejumlah tekni yang memang memiliki sifat instrospektif, misalkan seperti meditasi, konsentrasi, fokus, pernapasan, bahkan rileksasi. Cara yang di lakukan ini pastinya bisa dan mampu melatih si kecil agar mereka mampu menggunakan sejumlah teknik atau gerakan yoga guna menenangkan diri mereka serta mampu memusatkan perhatian mereka.

Nah, itulah beberapa teknik yoga yang memang bisa dan aman di berikan kepada si kecil yang diberikan oleh Tina. Dan sebenarnya, yoga ini tidak hanya diperuntukkan bagi orang-orang dewasa saja, karena nyatanya anak-anak juga diperbolehkan melakukan senam yoga. Namun pastinya, teknik senam yoga yang diperuntukkan bagi anak-anak jelas berbeda dengan teknik senam yoga yang di peruntukkan bagi orang dewasa.

Related Posts

Share This