Teknik Yang Tepat Untuk Membantu Bayi Bersendawa

Bersendawa adalah salah satu cara untuk mengeluarkan udara yang berlebih dari dalam lambung. Tanpa disadari udara ikut masuk ke dalam lambung bayi pada waktu menyusui. Apabila tidak segera dikeluarkan maka sangat beresiko menyebabkan perut kembung. Kondisi ini tentunya akan membuat si kecil merasa tidak nyaman dan rewel. Pada dasarnya sendawa bisa terjadi dengan sendirinya, namun pada bayi yang masih kecil proses tersebut membutuhkan bantuan karena belum mempunyai kemampuan untuk duduk atau berdiri.

Membuat bayi bersendawa bukanlah hal yang sulit apabila dilakukan dengan teknik yang benar. Biasanya kebanyakan orang menggunakan cara menepuk punggung bayi untuk membantunya bersendawa. Ketika bersendawa terkadang bayi mengeluarkan cairan susu yang sebelumnya di minum. Kondisi tersebut biasa disebut dengan gumoh dan bersifat normal apabila dalam jumlah yang wajar.

Langkah langkah Untuk Membantu Bayi Bersendawa

Fungsi sistem pencernaan bayi yang belum sepenuhnya bekerja dengan baik menyulitkannya untuk bersendawa. Oleh karena itu Anda harus membantu si kecil untuk bersendawa dengan teknik yang benar supaya udara yang menumpuk di dalam lambung bisa dikeluarkan. Simak teknik yang tepat untuk membantu bayi bersendawa.

  • Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk membuat si kecil bersendawa yaitu dengan memposisikan tubuh si kecil supaya berdiri tegak. Gendong si kecil di bagian dada sebelah kiri atau kanan dan pastikan dagu si kecil tepat di pundak Anda. Tangan Anda yang sebelah menopang bagian bokong dan sebelah lagi menopang bagian leher dan kepala bayi.
  • Mulailah untuk menepuk bagian punggung bayi secara halus sampai bersendawa dan sediakan kain untuk mencegah kemungkinan muntahan bayi mengenai pakaian Anda.
  • Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk membuat si kecil bersendawa yaitu dengan menggunakan posisi duduk tegak. Kemudian letakkan telunjuk dan ibu jari Anda di bagian dagu si kecil dan tahan bagian dagu tersebut sampai posisi badan condong ke depan.
  • Posisi lain yang bisa Anda gunakan yaitu dengan menopang bayi menggunakan satu tangan pada bagian dada, kemudian tangan yang satu lagi pada bagian punggung. Setelah itu angkat secara perlahan sambil badan si kecil diregangkan.
  • Teknik lain yang bisa Anda gunakan yaitu dengan menggunakan posisi tengkurap di pangkuan Anda. Pastikan kaki si kecil menjuntai bebas ke bawah dalam keadaan diapit oleh paha secara berlawanan. Tangan Anda yang satu menopang dagu si kecil kemudian yang satunya lagi menepuk dan mengelus halus bagian punggung si kecil sampai bersendawa.
  • Anda juga bisa menggunakan cara lain untuk membuat si kecil sendawa yaitu dengan memposisikan salah satu tangan diantara kedua kaki bayi kemudian tahan badan bayi seperti posisi menunggang kuda. Posisi kepala bayi menghadap atau diarahkan ke bagian ujung tangan kemudian posisi lengan berlawanan untuk memeluknya sehingga kepala si kecil bersandar pada lengan Anda.

Seiring dengan bertambahnya usia bayi dan semakin aktif bergerak yaitu pada usia 9 bulan maka tidak perlu lagi dibantu untuk bersendawa. Hal ini karena pergerakan si kecil yang aktif memicu kemampuan untuk mengeluarkan udara dari dalam perut secara spontan. Selain itu sistem pencernaan yang sudah mulai berfungsi dan bekerja dengan sempurna memungkinkan bayi untuk bersendawa tanpa memerlukan bantuan.

Related Posts

Share This