Teknik Yang Benar Untuk Menyusui Bayi Kembar

Memiliki bayi kembar merupakan salah satu anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa. Merawat dan membesarkan bayi kembar tentunya membutuhkan tenaga yang ekstra. Salah satu aktivitas yang membutuhkan tenaga ekstra dalam merawat bayi kembar yaitu proses menyusui. Pemberian ASI untuk bayi harus dilakukan secara ekslusif selama kurun waktu 6 bulan.

Teknik Yang Benar Untuk Menyusui Bayi Kembar

Memberikan ASI untuk bayi kembar mungkin terkesan lebih repot dibandingkan dengan menyusui satu bayi. Akan tetapi apabila Anda mengetahui teknik dan cara yang benar dalam menyusui bayi kembar maka hal tersebut tidak akan terasa sulit. Selain mengetahui teknik menyusui, Anda juga harus mencukupi semua kebutuhan nutrisi selama menyusui. Kebutuhan nutrisi ketika Anda memiliki bayi kembar akan meningkat dua kali lipat. Semua kebutuhan nutrisi tersebut harus tercukupi supaya perkembangan bayi dan produksi ASI tidak terganggu.

Posisi Untuk Menyusui Bayi Kembar

Menyusui bayi kembar dengan posisi menyangga bagian kepala bayi

Teknik yang pertama untuk menyusui bayi kembar yaitu menggunakan posisi menyangga kepala bayi. Pada waktu menyusui, Anda bisa menyangga kedua kepala bayi dengan menggunakan telapak tangan dan tubuh bayi berada di bawah tangan. Posisinya kurang lebih seperti memegang bola atau tas tangan. Lebih jelasanya yaitu apabila Anda menyusui bayi pada payudara kanan maka memegangnya dengan tangan kanan dan begitupun sebaliknya.

Supaya lebih nyaman, Anda bisa memakai alas dengan menggunakan bantal. Letakan tangan Anda diatas bantal kemudian sangga leher, bahu dan kepala bayi kembar dengan kedua tangan. Selanjutnya Anda bisa mengarahkan mulut bayi pada putting untuk menyusu.

Menyusui dengan cara menggendong

Cara selanjutnya untuk menyusui bayi kembar yaitu dengan menggendongnya. Caranya yaitu dengan memeluk kedua bayi kemudian posisi kepala bayi ditempatkan pada bagian lekukan tangan Anda. Bayi yang satu menyusu pada payudara yang sebelah kanan dan bayi yang satunya lagi paa payudara sebelah kiri. Kemudian arahkan bayi pada payudara dengan posisi bayi berbaring menyamping (posisi telinga bayi sejajar dengan tangan bayi).

Menyusui menggunakan posisi gabungan (menyangga bagian kepala bayi dan menggendong)

Untuk menyusui bayi kembar, Anda bisa menggunakan posisi gabungan yaitu posisi menggendong dan menyangga kepala bayi. Supaya bayi merasa nyaman, Anda harus melakukannya secara bergantian. Posisi yang nyaman akan membuat bayi merasa tenang dan proses keluarnya ASI juga akan lancar.

Meskipun menyusui bayi kembar terkesan sulit, akan tetapi menyusui bayi kembar harus dilakukan secara bersamaan. Hal ini bertujuan untuk menghemat tenaga ibu hamil dan untuk menghindari rasa cemburu antara sesama bayi kembar. Selain itu, Anda juga harus menyusui bayi kembar secara bergantian antara payudara yang kiri dan yang kanan. Hindari memberikan ASI pada payudara yang sama. Tujuannya yaitu untuk menyeimbangkan pemberian ASI pada kedua bayi dan menjaga keseimbangan produksi ASI.

Hal terpenting dalam memberikan ASI untuk bayi kembar yaitu kenyamanan bayi pada waktu menyusu dan kenyamanan ibu dalam memberikan ASI. Apabila sang ibu merasa nyaman dan mengetahui teknik yang benar dalam menyusui bayi kembar, maka proses menyusui bayi kembar akan terasa lebih menyenangkan dan  bukan merupakan hal sulit lagi. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan asupan nutrisi dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi seimbang supaya produksi ASI melimpah dan berkualitas.

Related Posts

Share This