Teknik Latihan Pernafasan Untuk Ibu Hamil

Anda mendambakan persalinan normal? Sudahkah melakukan persiapan yang matang untuk mendukung proses tersebut? Untuk menjalani proses persalinan normal tentunya harus ditunjang dengan persiapan yang matang baik itu secara mental, fisik maupun finansial. Faktor tersebut merupakan satu kesatuan yang akan memberikan dampak terhadap persalinan yang akan Anda jalani. Salah satu tindakan untuk memperoleh persalinan normal yaitu melakukan latihan pernafasan untuk ibu hamil.

Olah nafas memang sangat berguna dalam membantu proses mengejan untuk mendorong bayi. Latihan olah nafas bisa Anda lakukan mulai dari trimester kedua kehamilan danĀ  lebih ditingkatkan ketika usia kehamilan sudah memasuki tahap akhir. Tujuan dari olah nafas dimaksudkan untuk mengatur sirkulasi oksigen sehingga hal ini akan mengoptimalkan energi Anda saat berlangsungnya persalinan.

Manfaat Melakukan Olah Nafas Bagi Ibu Hamil

  1. Memaksimalkan energi untuk mengejan saat melahirkan.
  2. Mengatasi kesulitan bernafas yang seringkali dikeluhkan oleh ibu hamil memasuki tahap akhir kehamilan.
  3. Menghindari serangan kontraksi yang terjadi secara mendadak menjelang persalinan.
  4. Menjaga sirkulasi oksigen dan karbondioksida pada proses kontraksi dan untuk mencegah ibu hamil dalam menahan nafas.
  5. Memberikan suplai oksigen cukup bagi janin serta mengoptimalkan lasupan nutrisi.
Teknik Olah Nafas Bagi Ibu Hamil
  • Gerakan Tangan Ringan

Gerakan kedua tangan secara bersamaan dalam posisi lurus sejajar diatas kepala Anda. Kemudian mulai tahan nafas beberapa detik dan hembuskan perlahan-lahan dengan tangan diturunkan ke bawah. Ulangi gerakan ini secara teratur.

  • Slow Breathing

Lakukan metode ini dengan menarik nafas secara perlahan menggunakan hitungan dan kemudian hembuskan melalui hidung dengan perlahan.

  • Posisi Duduk

Dalam posisi duduk, usahakan supaya posisi punggung, leher dan kepala dalam keadaan tegak serta rileks. Tarik nafas dengan perlahan melalui hidung. Ulangi secara teratur dan perlahan-lahan. Usahakan gerakan tersebut berirama sehingga akan membuat Anda lebih tenang.

  • Blowing Breathing

Tarik nafas melalui hidung secara perlahan, lalu keluarkan melalui mulut dengan perlahan juga. Lebih tepatnya teknik ini seperti halnya ketika Anda meniup lilin. Usahakan supaya nafas yang Anda hembuskan teratur.

  • Tarik Nafas Dalam-dalam

Lalukan metode selanjutnya dengan menarik nafas dalam-dalam hingga memenuhi paru-paru dan hembuskan pelan-pelan. Ulangi beberapa kali dan jangan terlalu cepat sebab bisa membuat Anda pusing.

  • Cleansing Breath

Anda bisa melakukan teknik yang ini dengan cara menarik nafas dari hidung secara perlahan kemudian keluarkan pelan-pelan dari mulut.

  • Patterned Breathing

Untuk teknik yang ini dilakukan dengan menarik nafas serta membuangnya dengan cepat. Tarik nafas dari hidung dan keluarkan dengan cepat dari mulut.

Itulah teknik pernafasan yang disarankan bagi ibu hamil sebagai upaya untuk mempersiapkan proses persalinan normal dan lancar. Latihan olah nafas ini harus dilakukan secara rutin menjelang proses persalinan.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517