Teknik dan Seni Memijat Bayi

Pijatan tidak hanya dibutuhkan oleh orang dewasa, akan tetapi bayi juga membutuhkan pijatan. Pemijatan bayi bisa menjadi sarana untuk menjalin hubungan lebih dekat lagi antara orangtua dengan bayi. Memberikan sentuhan atau melakukan pemijatan pada bayi akan menjadi sangat menyenangkan sebab orangtua bisa melakukan komunikasi dengan fisik dan batin pada bayi. Selain itu, banyak manfaat yang akan dirasakan bayi yang rutin menerima pijatan halus dari ibunya. Sebelum mengetahui manfaat dari pijatan untuk bayi, kita akan berbagi informasi tentang cara memijat bayi terlebih dahulu.

Teknik dan Seni Memijat Bayi

Cara Memijat Bayi

Memijat bagian kaki

Pertama-tama pegang kedua kaki bayi Anda dengan satu tangan kemudian tepuk-tepuk pada bagian tungkai kakinya dengan tangan yang sebelah. Setelah itu lakukan usapan naik turun dari mulai jari kaki sampai ke pinggul dan begitupun sebaliknya. Pijat pada bagian telapak kakinya dan tarik dengan halus jari kakinya serta lakukan pemijatan halus pada pergelangan kakinya.

Memijat bagian tangan

Pijat tangan bayi dengan cara memegang tangan bayi dengan kedua telapak tangan kemudian lakukan gerakan memerah dengan cara memijat lengan bayi dari bahu menuju ke pergelangan tangannya dan lakukan gerakan sebaliknya. Lakukan juga pemijatan pada telapak dan punggung tangan dengan pijatan halus menggunakan ibu jari.

Memijat punggung bayi

Posisikan bayi pada posisi tengkurap diatas bantalan yang empuk kemudian mulai lakukan pemijatan dengan pijatan yang halus naik turun dari bagian punggung menuju ke pantatnya. Kemudian anda bisa melakukan gerakan pijatan melingkar pada bagian tulang punggungnya. Selain itu, lakukan seperti gerakan menggaruk dari bagian punggung menuju kearah bawah.

Memijat bagian dada bayi

Memijat bagian dada bayi bisa Anda lakukan dengan membentuk seperti gambar hati yaitu dengan cara meletakan kedua tangan Anda pada dada bayi, lakukan gerakan ke atas kemudian ke bagian sisi dan kembali lagi ke bagian tengah dada bayi, setelah itu dari bagian tengah dada bayi lakukan pemijatan dengan menyilang ke arah bahu.

Memijat bagian perut bayi

Lakukan pemijatan pada bagian perut bayi dengan lembut dari bagian atas menuju ke arah bawah perut bayi. Lakukan pemijatan (urut) dari bagian kiri di bawah iga menuju ke bawah perut, kemudian urut dari bagian kanan menuju ke bagian kiri dan turun kebawah (membentuk huruf L). Setelah itu lakukan pengurutan dari bagian bawah ke atas dan melengkung kemudian kembali ke bawah (membentuk huruf U)

Memijat pada bagian wajah bayi

Memijat pada bagian wajah bayi bisa anda lakukan dengan menekan jari (di urut) dengan halus menuju kebawah pelipis, setelah itu lakukan pemijatan pada bagian atas alis dengan pijatan yang halus menggunakan jari. Kemudian letakan jari di dekat hidung bayi dan tarik dengan lembut kearah pipi. Selain itu anda juga bisa memijat bagian bawah rahang bayi dengan pijatan yang lembut.

Manfaat Pijat Untuk Bayi

Membantu meningkatkan pertumbuhan otak. Pijatan atau sentuhan yang diberikan pada bayi tidak hanya baik untuk badan, namun sentuhan tersebut dapat meningkatkan perkembangan sistem syaraf. Sentuhan atau pijatan akan berpengaruh pada pertumbuhan myelin yang merupakan suatu penyekat di sekitar syaraf yang menyebabkan getaran syaraf akan bergerak lebih cepat.

Membantu melancarkan sistem pencernaan. Sentuhan akan membuat sistem pencernaan pada bayi berfungsi dan bekerja lebih efisien. Ketika bayi mendapat pijatan maka hormon pencernaan yang dikeluarkan akan lebih banyak.

Mempengaruhi tingkah laku. Bayi yang sering menerima pijatan halus akan merasa tenang dan tidak akan rewel. Selain itu bayi akan mudah diatur dan tidak akan banyak merepotkan sepanjang hari.

Meningkatkan rasa percaya diri bayi. bayi yang menerima sentuhan dengan penuh kasih sayang akan bisa mengembangkan rasa dalam mempelajari bagian tubuh yang membutuhkan relaksasi.

Mendekatkan orangtua dan bayi. Melakukan pemijatan atau sentuhan pada bayi akan membuat anda dekat dengan bayi dan akan lebih mengerti isyarat serta bahasa tubuh bayi.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517