Teknik Awal Yang Benar Untuk Penyusuan Pertama

Menyusui merupakan sarana untuk memberikan asupan makanan dan nutrisi untuk bayi. Langkah menyusui yang pertama kali merupakan suatu hal yang sangat spesial untuk membangun hubungan dengan bayi.  Keadaan ini akan mendekatkan anda dengan bayi dalam membangun hubungan pertama antara ibu dan anak. Bagi anda yang baru pertama kali menyusui mungkin teknik dalam pemberian makanan seperti ini akan terasa membingungkan.

Teknik Awal Yang Benar Untuk Penyusuan Pertama

Teknik dalam menyusui merupakan suatu cara dalam memberikan ASI untuk bayi dengan posisi ibu dan bayi pada posisi yang benar. Setelah 30 menit setelah melahirkan sangat dianjurkan untuk seorang ibu menyusui bayinya sebab pada menit-menit tersebut refleks dari hisapan bayi akan sangat kuat. Hal ini akan membantu dalam merangsang keluarnya hormon prolaktin dan hormon oksitosi yang akan membantu mengeluarkan ASI.

Posisi Dalam Menyusui Bayi

Pada waktu akan menyusui bayi sebaiknya anda mengatur posisi yang nyaman dan rileks. Keadaan tubuh anda yang tenang akan membuat air susu akan mengalir dengan baik. Usahakan posisi tubuh Anda tegak dan anda bisa memilih tempat yang nyaman seperti tempat tidur atau kursi. Letakan bantal pada pangkuan anda supaya bayi akan merasa nyaman waktu disusui. Selain posisi ibu yang nyaman, anda juga harus memperhatikan posisi bayi ketika sedang menyusui.

Beberapa Hal Yang Perlu Anda Ketahui Dalam Memposisikan Tubuh Ibu dan Bayi Pada Waktu Menyusui
  • Peluk atau dekap bayi di dalam pelukan dengan lengan ibu sehingga leher bayi bersandar pada lekukan dari sikut ibu, posisi dari punggung bayi ada di sepanjang lengan dan posisi bokong bayi berada di tangan Anda.
  • Posisi bayi berhadapan dengan ibu sehingga posisi perut ibu dan bayi saling bertemu. Posisi kepala dan leher bayi harus tetap lurus jangan miring. Bayi tidak boleh menegangkan lehernya atau memiringkan kepalanya supaya dapat mengisap puting sang ibu.
  • Kemudian angkat bayi pada posisi mendekati bagian dada ibu dengan cara meletakan bayi di atas bantal yang di sediakan pada pangkuan Anda.
  • Usahakan supaya posisi bayi rapat dengan ibu. Apabila tangan bayi banyak bergerak maka Anda bisa menahan gerakannya dengan cara menyelipkan atau memegang tangannya dengan menggunakan kantung jari.
  • Ketika mengatur atau menahan posisi tangan bayi, peluk erat bayi sehingga perut ibu dan bayi bertemu.
  • Posisi tangan ibu dalam memegang payudara yaitu ibu jari di atas dan jari yang lainnya berada di bagian bawah sebagai penopang. Hal yang perlu di ingat yaitu jangan menekan areola dan puting.
  • Setelah posisi ibu dan bayi berada pada posisi yang benar maka perlahan dekatkan bayi ke payudara dan rangsang supaya bayi mau membuka mulut dengan cara mengusapkan puting ke bagian sudut mulut bayi atau ke pipi bayi.
  • Apabila mulut bayi sudah terbuka maka segera masukan puting dan pastikan supaya bayi tidak hanya mengisap puting saja akan tetapi bayi harus mengisap bagian areola (bagian lingkaran hitam di sekitar puting).
  • Bagian dari bayi mengisap puting adalah usahakan supaya bayi membuka mulutnya sedikit agak lebar dan jangan sampai bagian bibir bawahnya terlipat.
  • Selama menyusui sanggalah payudara Anda supaya berat payudara tidak melelahkan mulut bayi. Apabila usia bayi sudah beranjak besar maka penyanggaan tidak perlu lagi karena bayi sudah semakin kuat.
  • Setelah selesai menyusui, Anda bisa melepaskan bayi dari isapannya dengan cara memasukan jari kelingking ke sudut mulut bayi dan menjepitkannya di antar gusi bayi.
  • Oleskan sedikit air susu pada sekitar areola serta putting dan biarkan kering dengan sendirinya.
  • Usahakan untuk menyendawakan bayi setelah selesai menyusui dengan cara menggendong bayi pada bahu ibu dengan posisi bayi tegak kemudian perlahan-lahan tepuk-tepuk bagian punggung bayi sampai sendawa.

Baca juga: Prinsip Dasar Dalam Menyusui Bayi

Itulah beberapa hal dalam teknik menyusui bayi yang benar pada awal penyusuan. Selain posisi penyusuan di atas ada juga posisi penyusuan dengan berbaring dan pelukan kempit. Jenis penyusuan ini disesuaikan ketika ibu lelah atau melahirkan dengan operasi caesar. Hal yang paling penting dari menyusui bayi adalah membuat bayi nyaman selama proses penyusuan.

Related Posts

Share This