Tanda-Tanda Yang Muncul Menjelang Menstruasi Pada Wanita

Menstruasi merupakan siklus bulanan yang biasa terjadi pada wanita normal. Menstruasi adalah perubahan fisiologis pada wanita yang terjadi secara berkala setiap bulan. Hormon yang berpengaruh ketika menstruasi yaitu estrogen dan progesteron. Ketika menstruasi biasanya seorang wanita merasa tidak nyaman dan tidak bebas beraktivitas. Selain itu, menstruasi juga menyebabkan perubahan mood pada wanita sehingga lebih sensitif.

Menstruasi terkadang muncul sesuai dengan perhitungan atau sesuai siklus yang biasa terjadi setiap bulan. Akan tetapi terkadang siklus menstruasi bergeser sehingga sebagian wanita tidak menyadari hal tersebut dan menganggapnya sebagai hal yang tidak biasa. Untuk itu penting bagi wanita mengetahui tanda-tanda menjelang munculnya menstruasi.

Tanda-tanda menjelang menstruasi

Berikut Ini Tanda-Tanda Yang Muncul Menjelang Menstruasi

Perubahan emosi. Tanda menjelang menstruasi yang pertama yaitu terjadi perubahan emosi. Seorang wanita akan cenderung lebih sensitif dan moody ketika sudah mendekati waktunya menstruasi. Tanda yang lainnya yaitu mengalami permasalahan seputar tidur dan sulit untuk berkonsentrasi.

Mengalami masalah pada perut. Menjelang menstruasi biasanya seorang wanita akan mengalami masalah pada bagian perut seperti mual, sembelit, diare dan kram perut. Selain itu terjadi perubahan nafsu makan dan menginginkan makanan tertentu seperti wanita yang sedang ngidam.

Muncul keputihan. Tanda-tanda menjelang menstruasi yang selanjutnya yaitu keluar lendir berwarna putih bening dan tidak berbau atau disebut dengan keputihan. Setelah beberapa saat cairan keputihan tersebut akan berubah warna menjadi kecoklatan karena mulai bercampur darah sehingga hal ini bisa menjadi tanda menstruasi.

Adanya perubahan fisik. Menjelang menstruasi biasanya terjadi perubahan pada beberapa bagian tubuh wanita. Salah satunya yaitu terjadi pembengkakan pada payudara dan puting payudara membesar. Selain itu, pembengkakan juga biasanya terjadi pada tangan dan kaki serta pegal-pegal pada bagian punggung dan paha.

Baca Juga:  Jenis Gerakan Yoga Untuk Mengecilkan Lengan Wanita

Sakit Kepala dan punggung. Sebagian wanita ada yang merasakan sakit kepala menjelang menstruasi. Selain itu, bagian punggung juga akan terasa sakit dan pegal.

Mudah merasa lelah. Menjelang menstruasi biasanya wanita akan mudah merasa lelah dan malas untuk beraktivitas.

Itulah beberapa tanda menjelang menstruasi yang bisa menjadi acuan bagi wanita sehingga ketika mendapati tanda-tanda tersebut tidak akan kaget. Selain itu, mengetahui tanda-tanda menjelang menstruasi akan berguna bagi Anda untuk melakukan persiapan, baik itu persiapan pembalut ketika akan pergi jauh ataupun mempersiapkan kondisi tubuh dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi.

Menjelang menstruasi sebaiknya Anda menjauhi makanan yang kurang sehat bagi tubuh seperti gorengan ataupun junkfood. Alangkah lebih baiknya memperbanyak konsumsi makanan yang bergizi supaya kondisi tubuh lebih siap dan tidak mudah lelah ketika sedang menstruasi. Makanan yang mengandung zat besi sangat disarankan bagi wanita menjelang menstruasi. Pada waktu menstruasi akan kehilangan banyak darah sehingga asupan zat besi sangat dibutuhkan. Makanan bergizi sangat dianjurkan untuk menunjang menstruasi pada wanita supaya kondisi tubuh tetap sehat dan bugar.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi Bundakim.com. Instagram: @bundakim7 SMS / WA: 0813 2154 8517