Tanda-tanda Menjelang Persalinan Yang Wajib Anda Ketahui

Memasuki usia kehamilan trimester ketiga tentunya perasaan harap-harap cemas sedang menyelimuti ibu hamil. Di satu sisi merasa bahagia karena sebentar lagi buah hati yang ditunggu-tunggu akan segera hadir. Namun di samping itu, ibu hamil terkadang gelisah dan ada perasaan cemas. Kondisi seperti ini biasanya terjadi pada ibu hamil yang baru pertama kali menjalani persalinan. Nah, maka dari itu penting sekali bagi ibu hamil untuk mengetahui tanda-tanda persalinan.

Persalinan normal merupakan suatu proses panjang yang melelahkan bagi ibu hamil. Dalam hal ini diperlukan persiapan secara fisik dan mental. Disamping itu, ibu hamil harus mengetahui tanda-tanda menjelang persalinan supaya lebih siaga menhadapi proses tersebut.

Berikut Tanda-tanda Menjelang Persalinan

  1. Frekuensi buang air kecil meningkat

Tanda-tanda mendekati persalinan yang pertama yaitu intensitas buang air kecil pada ibu hamil lebih sering dari biasanya. Kondisi tersebut terjadi karena menjelang persalinan posisi bayi akan turun sehingga menekan kandung kemih sehingga frekuensi buang air kecil meningkat. Jika Anda mendapati tanda-tanda ini di usia kehamilan akhir maka sebaiknya lebih waspada.

  1. Nyeri punggung

Nyeri punggung dan pinggang pada usia kehamilan tahap akhir bisa menjadi salah satu indikasi mendekati waktu persalinan. Nyeri punggung sebagai tanda awal persalinan biasanya disertai dengan kram perut.  Rasa nyeri pada bagian punggung timbul karena ukuran perut yang membesar. Selain itu, menjelang persalinan hormone kehamilan akan melonggarkan sendi/ligamen pada bagian punggung.

  1. Keluar lendir bercampur darah

Pada dasarnya mulut rahim selama kehamilan akan ditutupi oleh lendir kental. Menjelang persalinan, lendir tersebut akan keluar akibat dari rahim yang terbuka atau melebar. Lendir yang keluar menjelang persalinan biasanya disertai dengan darah.

  1. Terjadi perubahan pada serviks

Secara fisiologis, jaringan disekitar mulut rahim akan melunak dan melebar menjelang persalinan. Dalam hal ini Anda akan merasakan mulut rahim membesar dari ukuran biasanya. Kondisi ini sebagai salah satu tanda menjelang persalinan.

  1. Kontraksi palsu

Menjelang persalinan, ibu hamil akan mengalami kontraksi palsu selama 30 sampai 120 detik. Kontraksi palsu sebagai tanda bahwa waktu persalinan semakin dekat.

  1. Air ketuban pecah

Tanda-tanda mendekati persalinan yang selanjutnya yaitu air ketuban pecah. Mungkin tanda yang satu ini paling umum dan mudah dikenali oleh ibu hamil. Namun kondisi yang bisa membahayakan kehamilan adalah tidak terjadi kontraksi setelah ketuban pecah. Hal ini tentunya sangat beresiko mengakibatkan bayi terkena infeksi sehingga harus segera mendapatkan penanganan oleh medis.

Nah, itulah tanda-tanda mendekati persalinan yang wajib Anda ketahui. Persiapkan segala kebutuhan untuk persalinan jauh-jauh hari sehingga ketika waktunya tiba, Anda tidak akan kewalahan.

Related Posts

Share This