Tanda-tanda Melahirkan yang Wajib Bunda Dan Suami Ketahui

Selamat bunda, bunda telah berhasil menjalankan prose kehamilan selama 9 bulan ini. Dan mungkin, saat ini bunda tengah menunggu proses yang sangat menengangkan sekaligus membahagiakan, yaitu proses melahirkan si kecil yang selama ini bunda nantikan. Dan ketika hal tersebut terjadi, maka sepenuhnya bunda telah berhasil menjadi “Bunda” yang utuh, bukan calon bunda lagi. Akan tetapi, sebelum waktu di mana si kecil lahir kedunia ini, maka bunda dan ayah wajib untuk mengetahui tanda-tanda melahirkan, dan hal ini sangat penting untuk bunda ketahui sebelum bunda menghadapi masa persalinan.

tanda tanda melahirkan sudah dekat

Pada kebanyakan kasus, wanita akan melahirkan dimulai antara minggu ke 39 serta minggu ke 41 usia kehamilan. Akan tetapi, dikarenakan lamanya usia kehamilan setiap orang berbeda-beda, maka banyak diantaranya bayi yang justru di lahirkan di salah satu waktu tersebut tanpa adanya tanda-tanda melahirkan sudah dekat atau tanda melahirkan premature. Dan pada bulan-bulan akhir usia kehamilan, maka tubuh bunda akan memproduksi progesterone yang mana memiliki tujuan untuk melunakkan jaringan yang ada di sekitar cervix juga pelvis, hal ini terjadi untuk persiapan proses melahirkan. Bahkan hal ini juga akan terjadi ketika tanda-tanda melahirkan anak ketiga. Melahirkan akan dimulai ketika kontraksi rahim mulai meregangkan sejumlah jaringan yang ada di sekitar area cervix.

Biasanya tanda-tanda melahirkan akan di awali dengan gejala, dan berikut ini 5 tanda-tanda kehamilan yang harus bunda pahami juga ketahui, yaitu sebagai berikut:

  1. Terasa nyeri di selangkangan

Bunda akan merasakan nyeri pada bagian selangkangan, hal ini dikarenakan terjadinya tekanan sebagai salah satu akibat posisi kepala janin yang ada di dalam kandungan sudah mulai turun ke bawah, yaitu ke area rangka tulang pelvis. Dikarenakan keadaan janin menekan kandung kemih bunda, maka bunda akan sering mengalami buang air kecil. Bukan hanya itu, ketika waktu melahirkan mulai dekat, bunda juga akan merasakan sakit perut, mulassering buang angina, serta sering mengalami buang air besar.

  1. Sakit pada panggul dan tulang belakang

Ketika waktu melahirkan mulai dekat, maka bunda akan merasakan sakit secara berlebihan pada bagian panggul juga bagian tulang belakang. Dan rasa sakit yang bunda rasakan ini disebabkan oleh terjadinya pergeseran juga pergerakan terhadap janin yang memang mulai menekan tulang bagian belakang.

  1. Keluarnya Lendir Kental Bercampur Darah

Ketika proses kehamilan, bayi atau janin akan tersumbat di dalam rahim oleh mucus, mucus ini merupakan gumpalan lender yang lengket yang berada pada area leher rahim. Ketika proses persalinan akan dimulai dan cervix bunda mulai membuka, maka gumpalan mucus yang tadi menyumbat janin akan terhalau. Dan pada saat yang bersamaan, membrane yang mengelilingin janin yang ada di dalam kandungan serta cairan amniotic akan terpisah dari dinding rahim. Dan penampakan dari darah serta mucus yang keluar dari rahim akan terlihat seperti cairan yang sangat lengket yang memiliki warna merah muda, dan hal ini merupakan salah satu pertanda kalau bunda akan segera menjalankan masa persalinan.

  1. Kontraksi

Sudah menjadi hal yang lumrah jika kontraksi terjadi di awal persalinan. Pada awalnya, kontraksi akan terasa seperti bunda tengah sakit pada bagian punggung bagian bawah, dan lama kelamaan rasa sakit yang bunda rasakan akan berangsur ke bagian bawah perut. Ada beberapa orang yang menyebutkan bahwa sakit yang di rasakan hampir sama dengan sakit yang di rasakan ketika menstruasi. Dan ketika itu, bunda akan merasakan mulas yang bergerak ke bagian perut, dan jika bunda sentuh, maka bangian perut tersebut bisa bunda rasakan mengeras. Dan rasa sakit itu akan terus bunda rasakan dan semakin teratrur dengan kemajuan proses persalinan. Kontarksi akan terjadi secara perlahan dan muncul setiap 15-20 menit, setelah itu akan berangsur menguat serta semakin sering di rasakan, sehingga bunda akan merasakan sakit juga mules setiap 3-5 menit, dan itu akan membuat bunda merasa tidak nyaman. Jika air ketuban bunda masih belum pecah, maka sebaiknya bunda mendatangi rumah sakit ketika kontarksi terasa setiap 10 menit.

  1. Pecahnya Air Ketuban

Ada beberapa kasus yang terjadi, ketika membran masih ada dalam keadaan utuh sampai akhir tahapan pertama proses persalinan. Dan setelah itu, terjadinya desakan kontraksi juga tekanan dari kepala bayi atau janin yang terjadi pada mulut cervix akan menyebabkan pecahnya air ketuban.

Saat air ketuban yang ada di dalam rahim bunda mulai bocor, maka bunda akan merasakan adanya semburan air dari dalam atau hanya sebuah rembesan. Namun pada kenyataannya, pecahan air ketuban tidak akan terasa oleh bunda, dikarenakan memberan tidak memiliki saraf. Seiring dengan terjadinya pecahan membrane, maka proses persalinan akan berlangsung dengan sangat cepat. Kepala bayi atau janin akan terus berusaha dengan keras untuk menekan cervix, hal ini dilakukan guna membuka juga merangsang pelepasalan prostaglanding guna memacu kontarksi pada bunda.

Dan itulah tanda-tanda melahirkan yang harus benar-benar bunda dan ayah ketahui juga pahami. Semoga dengan artikel yang kami posting kali ini bisa membantu bunda dalam memahami tanda-tanda melahirkan sudah dekat.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517