Tanda-Tanda Kondisi Tubuh Anak Dalam Keadaan Tidak Sehat

Pada umumnya anak batita belum bisa mengatakan ataupun mendeskripsikan apa yang mereka rasakan. Bahkan ketika sakit, mereka tidak bisa mengatakan bagian mana yang terasa sakit. Anak-anak biasanya menggunakan bahasa tubuh untuk menyampaikan apa yang mereka rasakan. Dalam hal ini Anda di tuntut untuk lebih peka untuk menanggapi hal tersebut. Anda harus mengenali tanda-tanda kalau si kecil dalam keadaan tidak sehat.

Biasanya anak yang lagi sakit akan menunjukan  tingkah laku yang tidak seperti biasanya. Mereka akan cenderung terlihat tidak aktif dan lemas. Untuk lebih jelasnya berikut ini ada beberapa tanda yang bisa Anda jadikan sebagai indikator kesehatan si kecil.

Anak Tidak Sehat

Beberapa Tanda Kondisi Tubuh Anak Dalam Keadaan Tidak Sehat

  • Demam

Tanda pertama yang menunjukan kondisi tubuh anak Anda dalam keadaan tidak sehat yaitu demam. Meskipun demam bukan merupakan suatu penyakit, akan tetapi demam bisa menjadi suatu pertanda kalau kondisi tubuh anak dalam keadaan tidak sehat. Anak dikatakan demam apabila suhu tubuhnya lebih dari 38 derajat celcius. Biasanya anak yang demam suhu tubuhnya mencapai 40 derajat celcius atau bahkan lebih. Untuk menurunkan suhu tubuh anak, Anda bisa mengompresnya dengan air hangat ataupun memberikan obat penurun panas sesuai dengan resep dokter.

  • Tidak bergairah (lesu)

Anak-anak yang sedang sakit biasanya menunjukan gejala yang tidak biasanya dari aktivitas mereka. Anak cenderung terlihat lemah dan lesu sehingga lebih banyak diam. Mereka belum bisa mengatakan keluhan yang sedang dirasakan. Bahasa tubuh mereka menggambarkan apa yang sedang mereka rasakan. Akan tetapi meskipun begitu, lesu bukan merupakan tanda dari penyakit yang serius.

Selain lesu, anak yang sedang sakit biasanya terlihat seperti kekurangan tenaga. Perlu Anda ketahui bahwa kekurangan tenaga merupakan suatu pertanda kalau anak Anda menderita penyakit yang lebih serius. Anda sebaiknya melakukan konsultasi dengan dokter untuk mencegah kondisi yang semakin parah pada anak.

  • Nafsu makan anak menurun

Kondisi seperti ini merupakan hal yang paling umum terjadi pada anak ketika sakit. Mereka cenderung terlihat lemas dan tidak mau makan. Kondisi seperti ini tentunya harus segera mendapat penanganan supaya asupan nutrisi yang dibutuhkan untuk menunjang tumbuh kembang anak tidak terganggu. Konsultasikan dengan dokter dan mintalah solusi supaya asupan nutrisi untuk buah hati Anda tetap terpenuhi.

  • Anak menjadi rewel

Anak-anak pada usia batita biasanya lebih rewel ketika kondisi tubuh mereka dalam keadaan tidak sehat. Hal ini sebagai salah satu cara anak dalam berkomunikasi dan menyampaikan apa yang mereka rasakan. Anak yang rewel secara terus menerus dan tidak bisa ditenangkan sebaiknya segera dibawa ke dokter karena hal ini bisa menjadi pertanda kalau anak Anda sedang menderita penyakit yang lebih serius.

  • Perubahan perilaku pada anak

Ketika sehat, anak-anak cenderung lebih aktif dan bergerak kesana kemari. Nah, ketika sakit anak-anak akan menunjukan perilaku yang tidak biasa. Anak akan terlihat lemas dan tidak bertenaga sehingga mereka lebih banyak diam. Apabila Anda tidak bisa mendeteksi secara pasti apa yang dirasakan anak, sebaiknya segera bawa anak Anda ke dokter untuk mendapatkan penanganan dan mengetahui apa yang sedang di derita oleh anak.

Demikian sebagian dari tanda-tanda kondisi tubuh anak yang sedang tidak sehat. Deteksi lebih awal akan meminimalisir kondisi kesehatan yang lebih parah pada anak. Hal yang paling penting adalah kesigapan Anda dalam membaca situasi dan kondisi tersebut sehingga bisa melakukan penanganan lebih awal.

Related Posts

Share This