Tanda-tanda Kehamilan yang Harus Anda Ketahui

Tanda-tanda kehamilan memang merupakan salah satu hal yang sangat di nantikan oleh seorang wanita yang telah menikah. Ketika wanita hamil, maka hal tersebut menandakan bahwa pasangan suami istri memiliki tingkat kesuburan yang sangatlah baik, dan hal ini juga menandakan bahwa mereka tidak memiliki masalah dalam kesehatan yang mempengaruhi reproduksi mereka. Dengan adanya tanda-tanda kehamilan pada wanita, itu artinya mereka akan mendapatkan buah hati yang dapat mewarnai kehidupan keluarga mereka. Dengan demikian, keluarga akan terasa lebih lengkap dengan hadirnya buah hati yang selama ini telah di nanti-nanti.

Nah. Banyak diantaranya pasangan suami istri yang memang belum mengetahui secara betul terkait tanda-tanda kehamilan 6 minggu yang pastinya sangat penting untuk mereka ketahui. Terkadang mereka merasa bingung ketika harus membedakan yang seperti apa tanda-tanda kehamilan awal pada wanita yang sebenarnya dengan tanda-tanda akan munculnya menstruari. Mengapa demikian? Karena banyak diantaranya kasus yang terjadi bahwa tanda-tanda kehamilan hamper sama dengan tanda-tanda wanita akan menstruasi. Dan ketidaktahuan akan hal ini juga menyebabkan terjadinya keguguran terhadap kehamilan.

tanda tanda kehamilan

Dan berikut ini tanda-tanda kehamilan yang harus Anda ketahui, yaitu sebagai berikut:

  1. Payudara membesar

Ketika terjadi kehamilan pada diri Anda, maka payudara akan membesar. Hal ini dikarenakan meningkatnya produksi hormone esterogen serta progesterone. Bukan hanya itu, keadaan payudara juuga akan terasa semakin lembut dari biasanya, dan hal ini akan menimbulkan rasa sensitif yang jauh lebi tinggi, sehingga payudara Anda akan terasa nyeri atau sakit ketika di pegang. Bukan hanya payudara yang membesar, namun putting susu Anda juga akan semakin membesar dan warnanya akan berubah menjadi lebih gelap. Keadaan pembuluh vena yang terdapat di payudara juga akan semakin terlihat, hal ini dikarenakan adanya penegangan terhadap payudara.

  1. Munculnya bercak darah atau flek yang diikuti kram perut

Bercak darah ini akan muncul sebelum terjadinya menstruasi, dan biasanya bercak darah akan muncul antara 8-10 hari setelah terjadinya ovulasi. Dan bercak darah ini disebabkan oleh terjadinya implantasi, atau disebut juga dengan embrio yang menempel pada dinding rahim. Bukan hanya itu, biasanya tanda-tanda kehamilan seperti keluarnya bercak darah selalu di ikuti dengan perut yang keram. Dan kondisi keram pada perut akan terjadi secara teratur.

  1. Mual dan muntah (Morning sicknes)

Sebagian besar dari wanita yang mengalami kehamilan akan merasakan tanda-tanda ini. Dan pemicu utama dari tanda-tanda ini yaitu meningkatnya hormone secara tiba-tiba yang berada di dalam aliran darah. Dan hormone tersebut yaitu HCG (Human chorionic Gonadotrophin). Bukan hanya di dalam darah, peningkatan hormone juga akan terjadi pada saluran air kencing Anda. Biasanya, rasa mual akan hilang dengan sendirinya ketika masa kehamilan memasuki trimester kedua.

Baca juga : 6 Tanda-tanda Kehamilan yang Wajib Anda Ketahui

  1. Sering kencing/buang air kecil (Frequent Urination)

Ketika Anda mulai terlambat menstruasi satu sampai dua minggu, maka keinginan untuk buang air kecil akan menjadi jauh lebih sering dari biasanya. Hal ini di sebabkan karena janin yang tumbuh di dalam rahim menekan kandung kemih serta diakibatkan adanya peningkatan sirkulasi darah. Bukan hanya itu, hal ini juga akan terjadi dikarenakan kandung kemih yang lebih cepat dipenuhi oleh urine serta keinginan untuk buang air kecil menjadi lebih sering. Dan meningkatnya rasa ingin buang kecil ini di sebabkan oleh meningkatnay hormone terhadap kehamilan.

  1. Pusing dan sakit kepala (Headaches)

Ketika seoarng wanita mengalami kehamilan, maka ia akan mendapatkan gangguan pusing serta sakit kepala yang kerap di rasakan, dan hal ini dikarenakan adanya faktor fisik seperti kelelahan.

  1. Rasa lelah dan mengantuk yang berlebih (Fatigue)

Rasa lelah juga rasa kantuk yang di alamioleh ibu hamil bukan hanya di sebabkan oleh terjadinya hormonal, namun hal ini juga di akibatkan oleh kinerja dari beberapa organ vital seperti ginjal , paru-paru, juga jantung yang semakin hari semakin bertambah. Sejumlah organ vital ini bukan hanya bekerja untuk mencukupi kebutuhan ibu saja, namun sejumlah organ vital tersebut juga bekerja untuk memenuhi kebutuhan janin yang ada di dalam kandungan.

  1. Naiknya temperatur basal tubuh

Ketika ibu mengalami kehamilan atau ovulasi, maka suhu basal yang ada di dalam tubuh akan semakin meningkat. Dan kondisi seperti ini akan semakin bertambah selama terjadinya proses kehamilan.

Nah, itulah tanda-tanda kehamilan pada wanita yang harus Anda pahami. Namun ingat, tanda-tanda kehamilan ini memiliki sifat pribadi, dan itu artinya tidak semua perempuan mengalami tanda-tanda seperti di atas pada awal kehamilan.

Related Posts

Share This