Tanda Tanda Bayi Anda Memperoleh ASI Yang Cukup

Dalam beberapa minggu pertama mungkin tidak mudah bagi Anda untuk mengetahui apakah si kecil mendapatkan ASI yang cukup atau tidak. Terlebih lagi bagi Anda yang baru pertama kali memiliki bayi. Kondisi seperti ini terkadang membuat sebagian ibu merasa kebingungan pada waktu menyusui karena merasa khawatir bayi tidak mendapatkan ASI yang cukup.

Untuk memastikan apakah si kecil mendapat ASI yang cukup atau tidak, Anda bisa melihat reaksi bayi setelah di susui. Apabila terlihat lebih tenang dan nyaman setelah disusui maka hal tersebut menandakan bahwa bayi Anda mendapatkan ASI yang cukup. Biasanya bayi yang masih lapar akan menunjukan sikap yang rewel dan terus menerus menangis. Selain itu, ada beberapa ciri lain yang bisa Anda kenali. Simak beberapa penjelasan berikut ini.

Ada beberapa tanda yang menunjukan bahwa bayi memperoleh air susu yang cukup dalam beberapa minggu pertama setelah lahir.

  • Bayi yang memperoleh cukup susu lebih sering buang air kecil sehingga biasanya akan berganti popok lebih sering setiap harinya. Paling tidak Anda harus mengganti popok bayi sebanyak enam kali setiap harinya. Intensitas buang air yang lebih sering ini menandakan bahwa bayi Anda mendapatkan air susu yang cukup. Namun Anda juga harus memastikan bahwa intensitas buang air yang lebih sering tersebut dalam keadaan normal bukan karena penyakit pada pencernaan bayi.
  • Tanda selanjutnya yang bisa Anda jadikan indikator kecukupan air susu yang dikonsumsi oleh bayi yaitu perubahan warna kotoran. Pada minggu pertama biasanya warna normal kotoran bayi adalah hitam pekat kemudian berubah menjadi hijau atau kecoklatan. Ketika bayi mulai menyusu maka akan terjadi perubahan warna kotoran menjadi kuning. Nah, seiring dengan terjadinya perubahan warna tersebut menandakan bahwa bayi Anda memperoleh susu yang berkalori dalam jumlah yang mencukupi. Bayi yang mendapatkan cukup ASI biasanya buang air besar dua atau tiga kali sehari dengan warna kuning normal.
  • Sebelum menyusui biasanya dada Anda akan terasa penuh dan setelah bayi menyusu maka akan terasa berkurang. Hal ini menunjukan bahwa bayi Anda menghisap semua air susu di dalam payudara sehingga mendapat asupan ASI yang mencukupi. Cara menghisap payudara yang benar memungkinkan bayi untuk mendapatkan air susu yang cukup. Apabila Anda melihat bayi menghisap susu dengan penuh semangat dan bahkan sampai tertidur maka itu berarti si kecil memperoleh ASI yang cukup.

Nah, demikian tanda-tanda yang menunjukan bahwa bayi memperoleh air susu yang cukup. Pada dasarnya bayi yang memperoleh air susu dalam jumlah yang cukup akan terlihat lebih tenang dan tidak rewel setelah disusui.

Related Posts

Share This