Tanda-tanda Bahaya Kehamilan yang Harus Bunda Waspadai

Perlu untuk bunda ketahui bahwa tanda bahaya kehamilan merupakan satu gejala awal adanya kelahinan terhadap kehamilan bunda, jika kelainan tersebut tidak segera bunda atasi, maka hal tersebut dapat menyebabkan keguguran atau bahkan pertumbuhan janin yang ada di dalam kandungan tidak baik. Untuk saat ini, banyak diantaranya kemajuan di bidang sains serta biologi yang memang mampu membantu para tenaga medis untuk mencari tahu atau mendeteksi sejak dini adanya suatu gangguan yang terjadi pada kehamilan ataupun para proses persalinan. Dan informasi ini bahkan telah berhasil di sebar luaskan oleh para tenaga medis ataupun para petugas kesehatan, dan hal ini dilakukan guna mengurangi jumlah kematian ibu juga bayi.

tanda bahaya kehamilan

Antenatel Care (ANC) merupakan sebuah pemeriksaan terhadap kehamilan guna mempersiapkan diri ibu hamil dengan sebaik mungkin baik fisik maupun mental, hal ini juga bertujuan untuk menyelamatkan ibu juga janin yang ada di dalam kandungan. Bukan hanya itu, ANC juga bertujuan untuk membantu pemeriksaan masa persalinan dan juga nifas, sehingga keadaan ibu juga janin pada masa postpartum sehat dan juga normal, dan itu merupakan hal yang di ungkapkan dalam tanda bahaya kehamilan menurut Sarwono 2010.

Bukan hanya dengan peralatan medis saja tanda bahaya kehamilan bisa terdeteksi, akan tetapi deteksi dini ppt tanda-tanda bahaya kehamilan juga bisa diperhatikan dari beberapa cara alami tanpa harus menggunakan alat-alat medis yang hanya di miliki oleh para ahli, dan diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Tanda awal terjadinya kelainan pada kehamilan yaitu ibu hamil mengalami pendarahan ataupun mengeluarkan bercak merah atau hitam secara terus menerus dari jalannya kelahiran, hal tersebut terjadi baik pada usia kehamilan muda ataupun usia kehamilan tua.
  2. Terjadinya bengkak pada bagian kaki, wajah, ataupun tangan yang diserta dengan sakit atau pusing kepala, atau bahkan gejala ini akan di sertai dengan kejang-kejang.
  3. Ibu hamil akan mengalami demam atau panas dengan suhu yang sangat tinggi. Dan ketika ibu hamil mengalami kejadian seperti ini, ibu hamil tidak di anjurkan untuk mengkonsumsi obat penurun panas, karena akan beresiko terhadap janin yang ada di dalam kandunga, sebaiknya jika ibu hamil mengalami kondisi seperti ini, cukup berikan ia air mineral.
  4. Air ketuban akan keluar sebelum waktu yang di perkirakan, sehingga hal ini bisa memicu terjadinya infeksi terhadap janin yang ada di dalam kandungan.
  5. Gerakan janin yang ada di dalam kandungan menjadi berkurang dari biasanya atau malah janin tidak bergerak sama sekali. Hal ini hanya bisa di rasakan oleh ibu hamil, dan seoarng ibu hamil bisa merasakan gerakan yang di lakukan janin kurang dari 10 kali dalam 12 jam.
  6. Ibu hamil akan mengalami muntah secara terus-menerus, bahkan ibu hamil tidak bisa makan sama sekali.
  7. Ibu hamil mengalami batuk dalam jangka waktu yang lama, dan hal ini bisa menyebabkan kondisi tubuh ibu hamil menjadi semakin lemah.
  8. Keadaan jantung ibu hamil berdebar secara terus-menerus tanpa adanya sebab atau alasan yang jelas.
  9. Ibu hamil mengalami gatal pada area kemaluan, sampai mengelaurakan keputihan dengan jumlah yang banyak.
  10. Ibu hamil akan mengalami cedera atau bahkan trauma pada area perut, hal ini disebabkan karena terjadinya benturan atau bahkan terjadinya kekerasan.

Nah, jika salah satu dari kesepuluh tanda bahaya kehamilan tersebut tidak segera di tangani dengan tepat, maka hal ini bisa menyebabkan keguguran terhadap janin yang ada di dalam kandungan, atau bahkan terjadinya kelahiran dini yang disebut dengan premature, dan hal ini sangat membahayakan nayawa ibu juga bayi. Ketika ibu hamil mengalami salah satu pertanda di atas, maka segeralaha bawa ibu hamil ke dokter.

Related Posts

Share This