Tanda-tanda Awal Kehamilan

Mengenali Tanda-tanda Awal Kehamilan

Bagi pasangan suami isteri yang baru saja menikah, ada satu momen penting yang sangat mereka tunggu-tunggu yaitu kehamilan. Segala upaya biasanya dilakukan untuk segera memperolah seorang anak, karena bagi pasangan yang sudah menikah rasanya kurang lengkap apabila tidak adanya kehadiran seorang anak. Masa kehamilan merupakan masa yang sangat mendebarkan sekaligus menggembirakan bagi keluarga yang mendamba buah hati.

Kadang banyak wanita yang tidak menyadari dan tidak tahu bagaimana tanda-tanda kehamilan. Ketidaktahuan ini tentu saja akan sangat berbahaya bagi kesehatan janin karena mereka masih tetap melakukan aktivitas berat ataupun mengkonsumsi makanan yang bisa membahayakan janin yang ada dalam kandungan. Untuk itu penting sekali bagi seorang wanita untuk mengetahui apa saja tanda-tanda awal kehamilan.

tanda awal kehamilan

12 Tanda awal kehamilan

  1. Terlambat Haid, salah satu tanda bahwa seorang wanita hamil adalah telat haid, meskipun telat haid ini tidak selalu diartikan kalau seorang wanita sedang hamil karena bisa saja telat haid itu karena faktor stres ataupun adanya gangguan hormonal. Tetapi bagi wanita yang mempunyai siklus haid yang teratur itu bisa dijadikan tanda-tanda awal kehamilan.
  1. Keluarnya flek atau bercak darah dari dalam mulut vagina, bercak darah yang keluar sebagai tanda bahwa anda hamil adalah bercak darah yang keluar sebelum waktunya haid, bercak darah ini keluar akibat dari proses implantation bleeding (menempelnya embrio pada dinding rahim). Kebanyakan wanita tidak mengetahuinya dan hanya menganggapnya sebagai darah haid.
  1. Payudara mengalami Perubahan, perubahan yang terasa pada payudara yaitu membesarnya payudara dan menjadi lebih kencang. Selain itu pada daerah puting susu (areola) mengalami perubahan warna menjadi lebih gelap.
  1. Intensitas buang air kecil menjadi lebih sering, awal kehamilan biasanya ditandai dengan frekuensi kencing yang lebih sering, hal ini disebabkan adanya tekanan pada kandung kemih karena adanya perkembangan janin. Selain itu sirkulasi darah yang meningkat menyebabkan kandung kemih cepat terisi urin.
  1. Mudah merasa lelah, kalau biasanya anda bisa beraktifitas seharian dengan aktifitas yang padat, tapi pada saat anda memasuki masa kehamilan awal maka aktifitas itu tidak bisa lagi sepenuhnya anda lakukan karena anda akan merasa mudah lelah dan hanya ingin bermalas-malasan saja. Hal ini disebabkan karena menurunnya kinerja organ-organ serta terjadinya perubahan hormon atau meningkatnya hormon progesteron.
  1. Hipersaliva (sering meludah), pengaruh hormon estrogen yang semakin meningkat dan terlalu banyak diproduksi akan menyebabkan anda menjadi sering meludah pada awal kehamilan.
  1. Morning sickness (sering mual dan muntah pada pagi hari), rasa mual dan muntah yang sering dialami oleh wanita hamil pada pagi hari merupakan akibat dari peningkatan hormon Human Chrorionic Gonadotrophin (HCG) yang menyebabkan efek pedih pada lapisan perut sehingga mengakibatkan mual-mual.
  1. Terasa pusing dan sakit kepala ringan, hal ini diakibatkan oleh peningkatan tekanan dalam darah, bisa juga akibat dari rasa depresi karena adanya perubahan pada tubuh dan juga akibat dari morning sickness.
  1. Ngidam atau memilah milih makanan, wanita yang sedang hamil biasanya suka mendadak ingin makanan yang biasanya tidak ia sukai atau ingin melakukan hal-hal yang biasanya tidak dia sukai.
  1. Perubahan mood, seorang wanita yang sedang hamil moodnya akan mudah berubah dan lebih sensitif, hal ini disebabkan karena tubuh sedang menyesuaikan diri dengan adanya peningkatan hormon baru.
  1. Penciuman menjadi lebih sensitif, ibu hamil atau wanita yang sedang hamil biasanya penciumannya lebih sensitif dan lebih tajam. Terkadang wanita yang sedang hamil tidak menyukai aroma tertentu dan membuat dia jadi merasa mual. Tapi ibu hamil tidak perlu khawatir akan hal itu karena itu hal yang wajar sebagai penyesuaian dari hormon di dalam tubuh.
  1. Sembelit, pemicu sembelit pada wanita hamil yaitu karena mengendurnya otot-otot rahim yang berakibat pada mengendornya otot dinding usus akibat dari meningkatnya hormon progesteron.

Beberapa hal diatas memang bisa menjadi penanda awal kehamilan, tetapi untuk mendapatkan hasil yang akurat sebaiknya anda segera melakukan konsultasi dan melakukan pemeriksaan kepada dokter kandungan.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517