Tanda Bahaya Pada Kehamilan Yang Perlu Diwaspadai

Meskipun semua orang mengharapkan kehamilan sehat dan tidak ada gangguan, namun hal tersebut tidak sepenuhnya bisa dirasakan oleh setiap orang. Menjalani kehamilan memang bukan perkara yang mudah. Terlebih lagi jika tanda bahaya pada kehamilan sudah terjadi. Dalam hal ini diperlukan wawasan atau pengetahuan yang luas untuk mendapatkan kehamilan sehat.

Tanda bahaya pada ibu hamil tidak boleh dianggap sepele karena bisa berdampak buruk terhadap kesehatan janin di dalam kandungan.  Kondisi tersebut harus segera ditangani dengan baik sehingga perkembangan janin dan kesehatan ibu hamil tidak akan terganggu.

Namun, pada kebanyakan kasus, banyak wanita yang tidak mengetahui secara pasti mengenai tanda-tanda bahaya pada kehamilan tersebut sehingga menganggapnya sebagai gejala yang wajar dan biasa saja. Maka dari itu pada kesempatan ini penulis akan sedikit mengulas dan memberikan informasi mengenai tanda tanda bahaya kehamilan.

Berikut Ini Tanda tanda Bahaya Kehamilan Yang Perlu Diwaspadai

  • Pendarahan

Apabila Anda mengalami pendarahan pada saat hamil, sebaiknya tidak menganggap sepele. Segera lakukan pemeriksaan ke dokter untuk mengetahui faktor penyebabnya. Pendarahan pada trimester awal kehamilan bisa menjadi salah satu indikasi adanya keguguran. Terlebih lagi jika pendarahan tersebut banyak dan tidak wajar.

  • Rasa sakit pada bagian perut

Gejala sakit yang tidak wajar pada baguian perut perlu Anda waspadai. Hal ini bisa menjadi tanda bahaya kehamilan. Apabila rasa sakit tersebut berlangsung lama dan tidak kunjung hilang meskipun sudah beristirahat cukup lama, maka segera berkonsultasi dengan dokter.

  • Tidak ada pergerakan bayi

Memasuki usia kehamilan 5 atau 6 bulan, janian di dalam kandungan mulai aktif bergerak. Pergerakan tersebut akan dirasakan setiap saat oleh ibu hamil. Namun jika Anda mengalami kondisi janin tidak bergerak maka perlu diwaspadai dan secepatnya lakukan pemeriksaan. Tidak adanya pergerakan janin sangat dikhawatirkan terjadi sesuatu yang tidak diinginkan seperti pertumbuhan janin terhenti dan meninggal.

  • Sakit kepala

Sakit kepala mungkin hal yang wajar, namun jika sakit kepala dialami oleh ibu hamil dan gejalanya beda dari sakit kepala pada umumnya, maka perlu diwaspadai. Sakit kepala yang luar biasa dan tak kunjung hilang bisa menjadi salah satu tanda adanya bahaya pada kehamilan Anda. Lakukan pemeriksaan dan jangan mengkonsumsi obat tanpa anjuran dari medis.

  • Penglihatan mulai kabur

Tanda bahaya selanjutnya yaitu penglihatan mulai kabur dan sesekali berbayang tidak jelas. Gejala ini perlu diwaspadai karena bisa menjadi indikasi adanya gangguan pada kehamilan Anda. Hal ini bisa menjadi pertanda serius pada kehamilan Anda. Periksakan diri ke dokter untuk mencegah hal-hal yang berdampak buruk pada janin Anda.

Pemeriksaan rutin dan teratur menjadi salah satu kunci kehamilan sehat. Dengan melakukan pemeriksaan secara teratur maka akan mendeteksi lebih dini berbagai hal yang membahayakan kehamilan Anda.

Related Posts

Share This