Tanda Bahaya Kehamilan yang Harus Dipaspadai

Tanda bahaya kehamilan adalah salah satu gejala yang menunjukkan adanya kelainan terhadap kehamilan yang jika tidak segera di atasi akan sangat membahayakan janin yang ada di dalam kandungan, seperti terjadinya keguguran, atau bahkan pertumbuhan janin yang tidak sempurna sehingga ketika di lahirkan akan mengalami kecacatan.

Untuk saat ini, telah banyak kemajuan terutama di bidang sains serta teknologi yang memang bisa membantu para tenaga medis untuk mendeteksi adanya tanda tanda bahaya kehamilan sejak dini, terutama mengetahui adanya gangguan terhadap kehamilan serta proses persalinan. Bahkan informasi ini juga disebarluaskan oleh para petugas kesehatan agar angka kematian bayi juga ibu semakin berkurang.

Bukan hanya menggunakan peralatan medis, deteksi dini adanya tanda tanda bahaya pada kehamilan juga bisa Anda lakukan dengan cara memperhatikan beberapa tanda bahaya kehamilan, yang diantaranya yaitu sebagia berikut:

  1. Pendarahan yang terjadi pada ibu hamil atau bahkan ibu hamil yang mengeluarkan bercak darah secara terus-menerus yang keluar dari jalan lahir, baik pada usia kehamilan muda atau bahkan usia kehamilan tua.
  2. Adanya bagian yang bengkak pada kaki, tangan atau bahkan wajah yang memang disertai dengan keadaan kepala yang sakit atau bahkan kejang-kejang.
  3. Demam atau bahkan panas tinggi.
  4. Air ketuban yang pecah dini atau pecah sebelum waktunya, sehingga bisa memicu terjadinya infeksi terhadap janin yang ada di dalam kandungan.
  5. Gerakan janin yang ada di dalam kandungan berkurang atau bahkan tidak bergerak sama sekali. Karena biasanya ibu hamil akan merasakan gerakan yang diberikan janin kurang lebih sebanyak 10 kali dalam 12 jam.
  6. Keadaan ibu hamil yang terus-menerus muntah sehingga tidak bisa makan sama sekali.
  7. Terjadinya batuk yang begitu lama sehingga menyebabkan kondisi tubuh ibu hamil menjadi melemah serta kekurangan energi.
  8. Keadaan jantung yang terus berdebar tanpa adanya sebab yang jelas, bahkan tidak ada semangat untuk mengkonsumsi obat yang telah di anjurkan oleh dokter.
  9. Munculnya rasa gatal dari area kewanitaan serta kel;uarnya keputihan dengan jumlah yang banyak yang memang memiliki tekstur yang kental, berwarna kekuning-kuningan atau bahkan kehijauan yang dibarengi dengan bau yang tidak sedap.
  10. Ibu hamil yang mengalami cidera atau bahkan trauma yang terjadi di sekitar perut yang memang disebabkan karena terjatuh atau bahkan akibat adanya kekerasan.

Nah, itulah beberapa tanda bahaya kehamilan yang memang harus Anda tetap waspadai. Jika dari 10 tanda bahaya kehamilan di atas tidak segera di tangani, maka kemungkinan besar bisa menyebabkan keguguran atau bahkan cacat ketika di lahirkan. Dan ketika Anda mengalami beberapa tanda bahaya kehamilan di atas, maka sebaiknya Anda segera mengkonsultasikannya kepada dokter agar Anda segera mendapatkan perawatan yang eksklusif, sehingga tidak terjadi hal yang memang tidak Anda inginkan.

Related Posts

Share This