Tanaman Yang Berkhasiat Untuk Mengatasi Keputihan

Keputihan merupakan salah satu bentuk sekresi vaginal yang terjadi pada seorang wanita. Keputihan pada wanita bisa dikategorikan berbahaya apabila cairan yang keluar dari vagina bersifat abnormal. Cairan vagina yang abnormal yaitu berwarna kuning kehijauan, lengket dan berbau. Selain itu, tanda keputihan yang abnormal adalah vagina terasa gatal dan panas.

Keputihan yang abnormal harus segera mendapat penanganan supaya tidak akan membahayakan kesehatan organ intim wanita. Apabila terus dibiarkan dan tidak ditangani bisa menurunkan tingkat kesuburan seorang wanita dan bahkan bisa mengakibatkan seorang wanita tidak bisa hamil. Selain dengan penanganan medis, ternyata ada beberapa jenis tanaman yang memiliki khasiat untuk mengatasi keputihan. Apa saja jenis tanaman herbal tersebut? Berikut ini ada penjelasan mengenai tanaman yang berkhasiat mengatasi keputihan.

Tanaman Yang Berkhasiat Untuk Mengatasi Keputihan

 

Sambiloto

Salah satu jenis tanaman yang berkhasiat untuk mengatasi keputihan yaitu sambiloto. Tanaman yang satu ini sudah dikenal oleh masyarakat karena memiliki banyak khasiat untuk mengobati berbagai macam penyakit, salah satunya yaitu keputihan. Sambiloto adalah salah satu jenis tanaman herbal yang mengandung flavonoid, keton, aldehid, mineral, laktone, asam kersik dan homoandrografolid. Untuk mengatasi keputihan, Anda bisa merebus beberapa batang tanaman sambiloto kemudian merebusnya . Air rebusan diminum secara teratur yaitu tiga kali sehari dengan dosis tiga perempat gelas setiap kali minum.

Daun kemangi

Kemangi merupakan salah satu tanaman yang biasa dikonsumsi sebagai lalapan atau bumbu pelengkap masakan. Dibalik aromanya yang khas dan rasanya yang enak, kemangai memiliki khasiat untuk mengatasi keputihan. Kemangi mengandung boron dan anetol yang berguna untuk merangsang hormone estrogen. Selain itu, senyawa eugenol pada daun kemangi berkhasiat untuk membunuh bakteri dan jamur penyebab keputihan. Kemangi bisa dijadikan lalapan dan dikonsumsi langsung untuk mencegah keputihan.

Daun sirih

Sirih merupakan salah satu tanaman yang sudah tidak asing lagi. Jenis tanaman ini memiliki kandungan minyak atsiri, diatase, seskuiterpen dan kavikol yang berkhasiat untuk membunuh kuman. Selain itu sirih juga mengandung antioksidan yang berguna untuk membunuh dan mencegah pertumbuhan jamur penyebab keputihan. Untuk mengatasi keputihan, rebus daun sirih kemudian air rebusan tersebut dipakai untuk membasuh organ kewanitaan. Lakukan secara teratur dan jangan terlalu sering karena bisa membunuh bakteri baik pada organ intim.

Kunyit dan akar rimpang

Keputihan merupakan salah satu gejala abnormal yang diakibatkan oleh jamur. Kunyit adalah salah satu tanaman yang mengandung zat antibakteri dan antiseptik sehingga bisa dipakai untuk mengatasi keputihan. Untuk membuat ramuan herbal tersebut, Anda bisa merebus kunyit kemudian dicampur dengan gula aren, daun beluntas dan buah asam. Air rebusan diminum secara teratur yaitu satu gelas sehari.

Selain kunyit, Anda juga bisa menggunakan akar rimpang untuk mengatasi keputihan. Cara membuatnya yaitu dengan merebus akar rimpang dan di campur dengan beras ketan, kemudian air rebusan tersebut diminum secara rutin.

Tanaman lidah buaya

Selama ini kita mengenal lidah buaya sebagai tanaman yang berkhasiat untuk membuat rambut indah dan berkilau. Tapi ternyata lidah buaya juga berkhasiat untuk mengatasi keputihan karena mngandung zat antiseptik dan antijamur. Lidah buaya bisa mengatasi masalah keputihan yang abnormal pada wanita. Cara membuatnya yaitu dengan memotong kecil-kecil lidah buaya kemudian dihaluskan menggunakan blender. Setelah itu rebus dengan air dan beberapa lembar daun sambiloto. Air rebusan digunakan untuk membasuh vagina. Lakukan cara tersebut secara rutin yaitu dua kali sehari.

Related Posts

Share This