Tanaman Obat Tradisional Asam Urat

Obat tradisional asam urat. Asam urat termasuk salah satu gangguan kesehatan yang tidak boleh diabaikan. Biasanya gangguan kesehatan ini sangat rentan menyerang pada usia 40 tahun keatas. Mengapa demikian? Hal ini karena pada usia tersebut fungsi dari penyerapan nutrisi pada saluran pencernaan dan ginjal terjadi penurunan. Menurunnya fungsi penyerapan tersebut mengakibatkan terjadinya penumpukan zat-zat yang seharusnya dikeluarkan melalui urine atau feses.

Disamping itu, selain faktor usia ada juga hal-hal yang menyebabkan penyakit asam urat yaitu seperti gaya hidup dan kebiasaan sehari-hari serta pola makan. Dalam hal ini sebaiknya diperhatikan segi gaya hidup dan pola makan Anda setiap harinya. Jangan sembarangan mengkonsumsi makanan yang sekiranya bisa memicu penyakit tersebut.

Asam urat merupakan suatu penyakit yang terjadi akibat terjadi peningkatan kadar zat asam urat di dalam tubuh. Adanya penumpukan asam urat tersebut diakibatkan oleh adanya penumpukan purin sehingga menghasilkan asam urat, jumlah yang dikeluarkan lebih kecil daripada yang diserap sehingga hal inilah terjadinya penumpukan asam urat di dalam tubuh.

Dalam mengatasi asam urat sebaiknya tidak gegabah. Berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter untuk melakukan pengobatan secara tepat. Jangan sembarangan mengkonsumsi obat yang tidak direkomendasikan oleh dokter. Bahkan jika memungkinkan sebaiknya gunakan obat tradisional asam urat. Banyak terdapat di sekitar kita tanaman obat yang bisa digunakan sebagai obat yang tentunya aman dan bebas dari efek samping.

Jenis Obat Tradisional Asam Urat

Kumis Kucing

Salah satu obat tradisional asam urat yaitu kumis kucing. Jika sebelumnya Anda mendengar khasiat kumis kucing untuk obat ginjal, ternyata kumis kucing juga bisa digunakan untuk mengatasi penyakit asam urat. Tanaman yang satu ini sangat mudah untuk ditemui dihalaman rumah karena biasanya ditanam sebagai hiasan pekarangan rumah.

Kumis kucing mengandung zat yang disebut orthosiphonin glikosida dan diuretik yang bermanfaat untuk merangsang pengeluaran asam urat melalui urin. Disamping itu juga kumis kucing mengandung zat sinsetin yang berguna untuk mencegah terjadinya peradangan ataupun infeksi pada bagian saluran kemih. Untuk mengatasi asam urat sebaiknya minum air rebusan dari kumis kucing secara rutin.

Brotowali

Anda tahu brotowali? Tanaman herbal yang satu ini memiliki banyak sekali khasiat untuk kesehatan dan salah satunya untuk membantu mengatasi asam urat. Cara menggunakannya sangat mudah sekali yaitu dengan merebus brotowali dan minum air rebusan tersbeut secara teratur. Brotowali memang terkenal dengan rasanya yang sangat pahit namun khasiatnya luar biasa dalam membantu mengatasi asam urat dan meningkatkan imunitas tubuh untuk menghadang radikal bebas penyebab penyakit berbahaya.

Sambiloto

Selanjutnya tanaman herbal untuk mengatasi asam urat yaitu dengan menggunakan tanaman sambiloto. Tanaman yang satu ini mudah untuk diperoleh di pematang sawah atau bahkan di pekarangan rumah. Sambiloto mengandung flavonoid, alkane, keton, aldehid, natrium, kalsium dan lainnya. Zat-zat tersebut tentunya berguna untuk membantu mengatasi penyakit asam urat.

Jahe Merah

Obat tradisional asam urat yang selanjutnya yaitu dengan menggunakan jahe merah. Cara mengkonsumsinya sama seperti tanaman yang lainnya yaitu dengan merebus jahe merah dan ambil air rebusan tersebut untuk kemudian di minum secara rutin. Jahe merah bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan juga memperlancar peredaran darah.

Teh Hijau

The hijau tidak hanya bermanfaat untuk menurunkan kolesterol dan lemak saja melainkan bisa juga digunakan untuk mengobati asam urat. Hal ini karena the hijau mengandung vitamin C, vitamin E, polifenol dan lainnya yang berkhasiat untuk mencegah peradangan dan anti imflamasi.

Sidaguri

Tanaman yang satu ini merupakan tanaman herbal yang biasanya tumbuh liar dengan rerumputan. Ternyata tanaman yang satu ini merupakan tanaman asam urat yang mengandung zat alkaloid ephedrine yang memiliki sifat diuretic. Caranya dengan merebus daun sidaguri dengan bijinya dan minum air rebusan tersebut.

Itulah beberapa obat tradisional asam urat yang bisa dimanfaatkan dalam upaya untuk meredakan dan mengobati penyakit tersebut. Semua hasil yang diperoleh tentunya dipengaruhi oleh banyak hal atau faktor faktor internal maupun eksternal dari kondisi kesehatan masing-masing. Berkonsultasilah dengan dokter.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517