Taktik Untuk Membersihkan Gigi Bayi Yang Baru Tumbuh

Sebagian orang mungkin bertanya-tanya “mengapa repot-repot menjaga gigi susu? gigi tersebut hanya gigi sementara dan akan copot seiring.” Gigi susu berperan penting dalam menahan dan menjaga tempat yang tepat untuk pertumbuhan gigi sekunder atau gigi permanen pada bayi. Kesehatan gigi susu akan berpengaruh terhadap proses penyatuan tulang rahang supaya terbentuk dengan benar.

Membersihkan Gigi Bayi

Kebersihan gigi susu yang tidak dijaga akan menyebabkan berbagai masalah kesehatan pada gusi anak sehingga akan mempengaruhi tumbuhnya gigi permanen. Perlu Anda ketahui juga gigi susu yang tidak sehat akan menurunkan rasa percaya diri anak  sebelum memiliki gigi permanen. Anak Anda mungkin akan merasa malu ketika bergaul karena gigi mereka jelek. Nah, maka dari itu penting sekali bagi Anda untuk memperhatikan dan menjaga kebersihan gigi susu pada bayi sejak pertama kali tumbuh.

Inilah Taktik Jitu Dalam Menjaga Kebersihan Gigi Susu Pada Bayi

Dokter gigi merekomendasikan beberapa cara dalam merawat kebersihan gigi susu pada bayi. Salah satunya yaitu dengan membersihkan gusi bayi menggunakan kain lembut untuk menghilangkan plak atau kotoran yang menempel pada waktu pertama kali gigi susu mulai tumbuh.

  • Menggunakan kain lembut ketika pertama kali menyikat gigi bayi

Menjaga kebersihan gigi yang baru pertama kali tumbuh sangat penting untuk menunjang kesehatan gusi bayi dalam mempersiapkan tumbuhnya gigi sekunder. Untuk menjaga kebersihan gigi susu bayi yang baru tumbuh, Anda bisa menggunakan jari yang dilapisi dengan kain tipis yang lembut. Cara membersihkan gigi bayi menggunakan jari dinilai lebih efektif dan aman bagi bayi. Bersihkan secara perlahan dan pelan-pelan supaya gusi bayi tidak terluka. Penggunaan sikat gigi tidak dianjurkan untuk bayi karena bisa melukai gusi.

  • Gunakan posisi yang tepat pada waktu membersihkan gigi bayi

Baringkan bayi di pangkuan Anda dengan posisi kepala bayi menghadap Anda. Nah, ketika posisinya sudah dirasa cukup nyaman, Anda bisa mulai membersihkan gigi bayi secara perlahan. Apabila bayi Anda sudah berusia lebih tua (besar), maka bisa menggunkan cara lain yaitu digendong dengan satu tangan. Selain itu juga Anda bisa menggunakan posisi duduk dan saling berhadapan. Posisi ini harus dilakukan oleh dua orang sehingga bayi akan merasa lebih nyaman berada dipangkuan dan Anda bisa mulai membersihkan giginya.

  • Membersihkan gigi bayi yang sudah bisa jalan menggunakan sikat gigi

Ketika usia bayi Anda sudah semakin bertambah dan kemampuannya sudah meningkat maka kain tipis tidak lagi diperlukan untuk membersihkan giginya. Anda sudah mulai bisa menggunakan sikat gigi khusus anak-anak. Sikat gigi dinilai lebih efektif ketika gigi sudah tumbuh lebih banyak. Akan tetapi Anda harus tetap berhati-hati supaya gusi bayi tidak terluka.

  • Memilih sikat gigi yang tepat

Untuk anak batita sebaiknya Anda memilih sikat gigi yang berukuran lebih pendek dengan dua baris bulu halus. Hindari penggunaan sikat gigi yang mempunyai bulu kasar karen bisa melukai bagian gusi anak Anda. Selain itu, perhatikan juga kebersihan sikat gigi yang Anda gunakan untuk anak-anak.

  • Pentingkah memilih pasta gigi?

Sebagian orangtua mungkin bertanya mengenai jenis pasta gigi yang tepat untuk bayi. Perlu Anda ketahui bahwa penggunaan pasta gigi bukanlah hal yang penting ketika membersihkan gigi bayi. Dokter tidak menganjurkan penggunaan pasta gigi untuk bayi karena sangat beresiko tertelan oleh bayi. Pasta gigi boleh digunakan ketika bayi Anda sudah mulai tumbuh besar sekitar usia dua atau tiga tahun.

Related Posts

Share This