Tahukah Anda Bahaya Terlalu Lama Duduk Untuk Kesehatan?

Pastinya Anda sudah paham betul, kalau ternyata duduk dalam jangka waktu yang cukup lama bisa memberikan efek yang buruk untuk kesehatan tubuh Anda. Namun, sebenarnya hal apa yang akan terjadi pada kondisi tubuh kita jika kita seharian menghabiskan waktu hanya untuk duduk?

WHO atau organisasi kesehatan dunia menyebutkan, bahwa terlalu banyak duduk bisa membahayakan kesehatan bahkan bisa menyebabkan kematian nomor 4 setelah beberapa jenis penyakit mematikan lainnya seperti merokok, tekanan darah yang tiinggi, bahkan kadar gula yang juga tinggi.

“Aktivitas fisik memainkan peran penting dalam kesehatan jantung dan pembuluh darah. Penelitian memperkirakan, setiap penambahan dua jam duduk dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular sebanyak 5 persen,” ungkap dr.Simon Salim, Sp.PD yang di kutip dari health.kompas (15/11/2015).
Dan di bawah ini ada beberapa efek buruk untuk kesehatan jika Anda terlalu banyak duduk, yaitu sebagai berikut:

1. Kerusakan organ

Organ otak pastinya akan membakar lemak dalam jumlah yang sedikit, serta aliran darah yang akan semakin melambat, dan hal ini bisa menyebabkan kandungan lemak yang ada di dalam tubuh tidak akan sulit untuk menempel di bagian pelupuh darah. Bukan hanya itu, bahkan kebiasaan terduduk dalam jangka waktu yang lama juga bisa membuat tekanan darah menjadi meningkat serta kolesterol yang juga ikut meningkat..

Bahkan, sebuah study yang telah di lakukan beberapa waktu lalu menyebutkan, bahwa duduk serta tidak aktifnya bergerak dalam waktu 24 jam bisa menurunkan aktivitas insulin yang ada dalam tubuh, dan hal ini menyebabkan tingginya resiko terkena diabetes bagi orang tersebut.

2. Penuaan otot

Ketika Anda tengah berdiri dengan tegak, duduk dengan tegak atau bahkan berdiri, maka oto di bagian perut pastinya bisa membuat Anda menjadi tegak. Namun ketika kita tengah duduk dengan posisi merosot, maka otot tersebut pastinya tidak akan terpakai dengan baik. Dan hal ini pastinya mampu merusak bagian lengkungan alami yang dimiliki bagian punggung.

Bahkan, duduk dengan waktu yang terlalu lama juga bisa mengurangi fleksibilitas bagian pinggul kita. Selain itu, duduk juga bisa mengurangi kesetabilan tubuh serta kepadatan tulang yang memang akan terus berkurang.

3. Gangguan terhadap kaki

Posisi duduk dengan waktu yang cukup lama pastinya bisa menjadikan bagian sirkulasi tubuh seseorang bekerja dengan tidak semestinya, sehingga cairan yang ada di dalam tubuh bisa menumpuk di bagian kaki. Dan akibatnya, kaki akan membengkak, varises, hingga bisa menyebabkan jenis penyakit berbahaya seperti adanya penyumbatan terhadap aliran darah yang memang di sebut dengan deep vein thrombosis (DVT).

4. Masalah di bagian otak

Bagian otot yang di gunakan untuk bergerak pastinya mampu memompa aliran darah segar serta oksigen ke bagian seluruh otot, sehingga fungsi dari otot tersbeut akan jauh lebih maksimal dalam bekerjanya.

5. Gangguan di bagian leher

Ketika Anda menghabiskan waktu untuk duduk di depan meja kerja Anda, maka kemungkinan besar Anda akan memiliki atau mendapatkan bagian leher yang terlalu maju, maka dari itu, jika hal ini berlangsung dalam jangka waktu yang tidaklah sebentar, maka bisa merusak keseimbangan Anda. Bukan hanya leher, bagian otot yang berada di daerah yang dekat dengan bahu serta dekat pula dengan daerah punggung dapat terpengaruhi, dan jelas hal tersebut sangat tidak baik untuk kondisi kesehatan tubuh Anda.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517