Tahapan Ideal Pemberian Makanan Untuk Bayi

Pola makan menjadi salah satu faktor penting dalam tahap perkembangan bayi. Selain memberikan makanan untuk bayi dengan nutrisi yang lengkap, Anda juga harus memperhatikan tahapan dalam memperkenalkan makanan sehat tersebut.

Jenis dan waktu yang tepat dalam memperkenalkan makanan bayi sangat memungkinkan untuk melengkapi semua kebutuhan nutrisinya. Selain memberikan makanan secara bertahap, Anda juga harus memperhatikan variasi makanan. Semakin bervariasi makanan yang Anda sajikan maka sangat memungkinkan kelengkapan nutrisi yang akan diperoleh bayi dalam setiap tahap perkembangannya.

Usia dan jenis makanan merupakan faktor penting yang menunjang tumbuh kembang si kecil. Makanan bergizi yang diberikan pada tahap usia yang tepat sangat memungkinkan si kecil akan tumbuh menjadi anak yang sehat dan cerdas. Namun  jika sebaliknya maka akan berdampak buruk  terhadap kesehatan dan menghambat pertumbuhannya.

Inilah Tahap Ideal Pemeberian Makanan

Bayi usia 6 bulan

Tahap makanan bayi usia 6 bulan merupakan tahap awal dalam memperkenalkan makanan padat pendamping ASI. Pada tahap awal ini Anda harus memberikan makanan dengan tekstur yang lebih cair, salah satunya yaitu bubur susu. Selain itu, Anda juga bisa memberikan puree buah untuk bayi. Dalam tahap awal ini Anda harus memberikan makanan secara perlahan dan jangan memaksakan. Anda harus menyadari bahwa perut si kecil belum memiliki kemampuan untuk menampung makanan yang lebih banyak.

Bayi usia 7 – 8 bulan

Pada tahapan ini si kecil sudah bisa diperkenalkan dengan makanan yang bertekstur lebih padat seperti nasi tim saring. Untuk porsinya tidak terlalu banyak dan harus disesuaikan dengan kemampuan perut si kecil. Selain itu dalam membuat tim saring sebaiknya Anda menambahkan jenis makanan yang lebih bervariasi untuk melengkapi kebutuhan nutrisinya.

Bayi usia 9 bulan

Usia 9 bulan merupakan tahapan ideal untuk memberikan makanan yang lebih padat dan kasar seperti nasi tim tanpa saring. Pada usia 9 bulan, sistem pencernaan si kecil sudah memiliki kemampuan untuk mencerna makanan yang bertekstur kasar. Anda bisa menambahkan sayuran ataupun lauk pauk ke dalam nasi tim untuk melengkapi kebutuhan gizi si kecil.

Bayi usia 12 bulan

Menginjak usia 1 tahun, si kecil tentunya sudah tumbuh gigi sehingga makanan yang Anda berikan bisa bertekstur lebih padat. Hal ini untuk melatih kemampuan untuk mengunyah makanan. Pada usia 1 tahun Anda bisa memberikan finger food ataupun mengajari si kecil untuk makan menggunakan sendok. Namun dalam hal ini Anda harus memperhatikan kandungan zat yang bisa membahayakan dari makanan seperti penyedap ataupun pewarna makanan. Hindari makanan yang mengandung pewarna buatan karena bisa membahayakan kesehatan si kecil.

Mengenali tahap pemberian makanan untuk si kecil sangat berguna untuk membantu mengoptimalkan tumbuh kembangnya. Dengan begitu si kecil tidak akan kekurangan nutrisi yang dibutuhkan untuk perkembangan fisik dan psikologisnya.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517