Tahap Perkembangan Indera Penglihatan Bayi

Setiap tahap perkembangan bayi merupakan momen yang sangat berharga untuk diketahui. Bagi Anda yang terfokus merawat dan membesarkan bayi tentunya akan menjadi pengalaman yang sangat berharga untuk mengikuti setiap jejak langkah dari tahap perkembangan tersebut. Tidak semua orang bisa mendapatkan pengalaman tersebut dikarenakan berbagai faktor. Nah, yang akan penulis ulas kali ini yaitu mengenai tahap perkembangan indera penglihatan bayi.

Mungkin sebagian dari Anda bertanya-tanya kapan bayi bisa melihat? Pada dasarnya indera penglihatan bayi akan mengalami perkembangan secara bertahap sejak lahir. Dalam hal ini perkembangan tersebut berlangsung secara perlahan dengan tahapan yang bervariasi hingga akhirnya si kecil bisa meligat dengan sempurna. Secara umum, indera penglihatan bayi mulai berfungsi dengan sempurna ketika memasuki usia 1 tahun.

Mengikuti setiap tahap perkembangan bayi, terutama dalam hal perkembangan indera penglihatan berguna untuk mengoptimalkan asupan nutrisi oyang dibutuhkan guna menunjang proses tersebut. Anda sebagai orangtua dituntut untuk memberikan perhatian penuh untuk si keil dalam hal urusan nutrisi. Kekurangan nutrisi pada usia emas perkembangan bayi tentunya sangat beresiko.

Nah, Berikut Ini Beberapa Tahapan Perkembangan Indera Penglihatan Bayi Yang Perlu Anda Ketahui!

  • Mengenali Bentuk, Cahaya dan Gerakan

Pada tahap awal bayi yang baru lahir tentunya belum bisa membuka mata. Namun secara perlahan bayi akan mulai membuka mata dan mulai mengenali benda disekitarnya. Ketika matanya mulai terbuka, si kecil mulai mengenali bentuk, gerakan dan cahaya saja dengan jarak yang sangat dekat yaitu kurang lebih 30 cm danĀ  masih samar.

  • Mulai Fokus Untuk Melihat

Memasuki usia 3 bulan, kini penglihatan si kecil mulai beranjak secara perlahan menjadi lebih fokus. Kini si kecil mulai bisa membedakan antara warna putih dan hitam dengan sangat jelas. Bahkan penglihatannya terus berkembang untuk bisa membedakkan jenis warna lainnya. Dalam hal ini Anda bisa melatih fokus bayi dengan cara memberikan mainan gantung diatas tempat tidurnya. Kombinasikan mainan tersebut deng bunyi-bunyian sehingga akan memberikan rangsangan pada bagian motorik halus bayi supaya bisa dengan cepat untuk berkembang.

  • Melihat Benda Yang Lebih Jauh

Seiring dengan bertambahnya usia sikecil yaitu menginjak usia 4 bulan, maka kini perlahan bisa melihat objek yang berjarak lebih jauh dari usia sebelumnya. Kemam;puan tersebut juga diimbangi dengan gerakan tangan yang mulai berfungsi dengan baik. Pada tahap ini si kecil mulai tertarik untuk menggapai benda-benda yang dilihatnya.

Ketika memasuki usia 5 bulan, penglihatan si kecil mulai bisa mengenali benda dengan ukuran yang lebih kecil. Secara umum si kecil mulai mengenali ibunya dan orang-orang yang dekat dengannnya. Hal ini tentunya menjadi tahapan yang luar biasa untuk Anda simak.

  • Membedakan Warna

Memasuki usia 8 bulan, si kecil sudah bisa membedakkan warna dengan sangat jelas dan bisa mengindentifikasi benda-benda disekitarnya. Bahkan benda yang berjarak lebih jauh.

  • Penglihatan Lebih Sempurna

Pada usia 1 tahun tentunya penglihatan si kecil sudah berkembang dengan sempurna. Bayi sudah bisa mengenali benda yang berjarak dekat dan jauh. Pada tahapan ini penglihatan si kecil sudah berfungsi sempurna seperti layaknya orang dewasa.

Demikian beberapa tahapan perkembangan bayi. Dalam hal ini Anda harus memperhatikan asupan nutrisi untuk menunjang kesehatan dan perkembangan indera penglihatannya. Berikan asupan makanan yang mengandung gizi seimbang dan perbanyak asupan sayur serta buah-buahan.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517