Tahap Perkembangan Bayi Usia 7 Bulan

Pada usia 6 bulan, si kecil sudah dianjurkan untuk mendapatkan MPASI sebagai nutrisi tambahan dalam mengoptimalkan tumbuh kembangnya. Dalam setiap tahapnya, si kecil menunjukan perubahan yang sangat berarti sebagai tanda bahwa tumbuh kembangnya berjalan normal. Bayi usia 7 bulan tentunya sudah berkembang pesat dengan segala kemampuan yang berbeda dari usia sebelumnya.

Pada tahap perkembangan bayi 7 bulan, kini pergerakan si kecil sudah semakin aktif. Pergerakannya semakin bebas dan tidak hanya terbatas oleh kemampuan terlentang atau tengkurap saja. Namun kini si kecil bergerak lebih aktif untuk mengeksplorasi dan berusaha menggapai suatu benda.

Perkembangan bayi usia 7 bulan sangat mengagumkan dengan segala kemampuannya. Dalam membantu mengoptimalkan tumbuh kembangnya, Anda harus memberikan asupan makanan yang bergizi untuk si kecil. Pada usia 7 bulan, Anda sudah bisa memberikan MPASI untuk si kecil dalam melengkapi kebutuhan nutrisinya.

Dengan kemampuannya untuk bergerak semakin aktif, maka Anda harus lebih waspada dan mengawasi pergerakannya. Hindarkan si kecil dari benda-benda berbahaya yang bisa melukai tubuhnya. Untuk melatih pergerakannya, cobalah untuk memberikan mainan yang sesuai dengan usianya. Anda tidak perlu membatasi ruang geraknya, yang paling penting adalah memperhatikan faktor keamanan dan keselamatan ketika si kecil bergerak.

Jika asupan nutrisi mencukupi dan perkembangan si kecil tidak mengalami gangguan, maka pada usia 7 bulan si kecil memiliki berat badan sekitar 8,3 kg untuk laki-laki dan 7,7 untuk bayi perempuan. Sedangkan untuk tinggi badan yaitu 69 untuk laki-laki dan 67 untuk perempuan. Bobot dan tinggi badan bayi bergantung dari asupan nutrisi yang Anda berikan.

Perkembangan Bayi Usia 7 Bulan

  • Tumbuh gigi

Pada usia 7 bulan, gigi si kecil mulai tumbuh. Biasanya dampak dari tumbuh gigi akan menyebabkan si kecil lebih rewel dan sering ngiler. Dalam hal ini Anda perlu menyiapkan lap untuk membersihkan ai liur si kecil yang membasahi bagian luar mulut. Selain itu, untuk mengatasi nyeri akibat tumbuh gigi, berikan mainan gigit yang aman.

  • Keterampilan motorik kasar

Bayi usia 7 bulan sudah mampu untuk berguling, merayap, merangkak dan bahkan belajar menggeser tubuhnya. Hal lini sebagai upaya dalam mengembangkan keterampilan motoriknya. Dalam hal ini Anda harus mengawasi pergerakan si kecil karena cenderung memiliki keinginan untuk bereksplorasi.

  • Mulai belajar makan

Perlahan-lahan si kecil mulai mengembangkan kemampuan untuk minum sendiri menggunakan cangkir dan mencoba untuk menggenggam makanan. Perkembangan ini akan berlangsung secara bertahap. Jika memungkinkan, Anda bisa memberikan finger food dengan tekstur tidak terlalu keras.

  • Terlihat lebih kuat

Kini si kecil memiliki lebih banyak kekuatan karena otot-otot tubuhnya sudah berfungsi dengan baik. Jaringan otot dan tulangnya sudah mulai tumbuh dan berkembang menjadi lebih kuat.

Demikian tahap perkembangan bayi 7 bulan. Berikan makanan pendamping ASI yang bergizi untuk membantu mengoptimalkan tumbuh kembangnya.

Related Posts

Share This