Tahap Perkembangan Bayi Usia 6 Bulan

Sekilas mungkin Anda tidak akan menyadari dengan perkembangan si kecil yang kini sudah menginjak usia 6 bulan. Beruntung sekali bagi Anda yang mengikuti setiap tahap perkembangan bayi dan hal tersebut akan menjadi kebahagiaan yang tidak ternilai harganya. Setiap momen bayi sangat berharga untuk diikuti dan dipahami. Bayi usia 6 bulan umumnya sudah semakin aktif dan usia tersebut tahap terakhir mendapatkan ASI.

Berdasarkan standar WHO (Badan Kesehatan Dunia), perkembangan bayi 6 bulan memiliki berat 7,9 untuk laki-laki dan 7,3 untuk perempuan. Untuk tingginya yaitu 67,5 untuk laki-laki dan 65,8 untuk perempuan. Pada usia tersebut si kecil mulai mengoptimalkan setiap fungsi dari organ tubuhnya seperti mulai belajar menggerakan jari jemarinya.

Selain beberapa hal tersebut, berikut ada beberapa hal yang berkaitan dengan perkembangan bayi usia 6 bulan. Simak penjelasannya!

  • Posisi duduk lebih baik

Memasuki usia 6 bulan, si kecil sudah mulai memiliki kemampuan untuk duduk lebih baik. Secara perlahan si kecil mulai memiliki kemampuan untuk duduk dengan sendirinya. Ketika duduk, si kecil sudah menggunakan tangannya untuk menopang bobot tubuhnya. Kini si kecil sudah belajar untuk menyeimbangkan tubuhnya.

  • Kemampuan komunikasi

Perkembangan komunikasi bayi 6 bulan semakin pesat. Si kecil sudah memiliki kemampuan untuk tertawa dengan suar yang lebih nyaring. Selain itu, pada usia 6 bulan bayi sudah mulai mengoceh dan menjawab apa yang Anda ucapkan. Meskipun belum bisa berbicara dengan kata-kata yang jelas, namun si kecil merspon apa yang Anda tujukan padanya.

  • Merayap dan berguling

Seiring dengan pergerakannya yang semakin aktif, kini si kecil sudah memiliki kemampuan untuk berguling dan merayap dengan sendirinya. Kemampuan otot tubuhnya yang semakin pesat memungkinkan si kecil untuk bereksplorasi dengan cara merayap dan merangkak.

  • Mulai tumbuh gigi

Pada tahap perkembangan normal, bayi usia 6 bulan sudah mulai mnenunjukan pertumbuhan gigi. Yang pertama kali tumbuh yaitu gigi seri tengah bagian bawah. Kondisi tersebut akan membuat si kecil menjadi lebih rewel. Ana tidak perlu khawatir karen hal tersebut bersifat wajar dan alamiah.

Pada usia 6 bulan, perkembangan bayi memang berlangsung dengan sangat pesat. Pada tahapan tersebut dibutuhkan dukungan secara penuh dari Anda sebagai orangtua. Sebaiknya Anda memberikan stimulasi dalam melatih setiap pergerakan organ tubuhnya. Selain itu, berikan asupan makanan yang bergizi untuk mengoptimalkan tumbuh kembangnya.

Cara lain untuk membantu mengoptimalkan perkembangan bayi pada usia 6 bulan yaitu dengan memberikan mainan yang disesuaikan dengan tahap perkembangannya tersebut. Pilihlah jenis mainan yang lembut dan aman untuk digigit oleh si kecil. Selain itu, Anda juga bisa memberikan mainan yang mengeluarkan bunyi.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517