Tahap Perkembangan Bayi usia 5 Bulan

Mungkin Anda tidak menyadari kini usia si kecil sudah menginjak 5 bulan. Seiring berjalannya waktu, perkembangan bayi semakin pesat. Bayi usia 5 bulan sudah memiliki kemampuan dalam menggunakan seluruh anggota tubuhnya. Bahkan kini si kecil sudah mulai memiliki kemampuan dalam hal bersosialisai dan berkomunikasi meskipun belum bisa berbicara.

Perkembangan bayi 5 bulan salah satunya yaitu kemampuan si kecil dalam mengenali suara-suara disekitarnya. Fenomena ini sebagai awal bagi bayi dalam mempelajri cara berkomunikasi. Disamping itu, pada usia 5 bulan si kecil sudah memiliki kemampuan untuk tertawa dengan suara yang lebih nyaring.

Pada perkembangan bayi usia 5 bulan, Anda sebagai orangtuanya dituntut untuk mulai mengasah dan membangun keterampilannya. Usia 5 bulan tidak terlalu dini untuk mengajarkan beberapa gerakan dasar pada bayi seperti belajar duduk dengan badan tegak.

Dalam perkembangan usia 5 bulan, berat badan rata-rata bayi yaitu sekitar 7,5 kg untuk laki-laki dan 6,9 kg untuk bayi perempuan. Sedangkan untuk tinggi badan bayi laki-laki yaitu sekitar 65,9 cm dan perempuan sekitar 64 cm.

Pada tahap ini peenglihatan si kecil sudah semakin fokus sehingga bisa melihat benda dalam jarak jauh dan dekat. Pandangan si kecil sudah semakin tajam dan bisa membedakan warna-warna dasar seperti merah, biru dan kuning.

Selain beberapa hal diatas, berikut beberapa perkembangan yang terjadi paa bayi usia 5 bulan:

  • Belajar merangkak

Pergerakan si kecil pada usia 5 bulan sudah semakin aktif, Kini si kecil mulai memiliki kemampuan untuk membalikan badan atau berguling. Kemampuan lain yang terjadi pada bayi 5 bulan yaitu belajar untuk merangkak. Dalam hal ini Anda harus senantiasa mengawasi si kecil supaya tidak terjatuh atau menyentuh benda berbahaya.

  • Belajar duduk

Sebenarnya pada usia 5 bulan si kecil secara perlahan sudah memiliki kemampuan untuk duduk. Namun belum sepenuhnya bisa dilakukan sendiri. Anda bisa membantu menopang tubuh si kecil untuk belajar duduk. Gunakan bantal untuk menopang tubuh mungilnya.

  • Otot leher lebih kuat

Seiring bertambahnya usia si kecil, kini otot lehernya berkembang semakin kuat. Kini Anda sudah bisa menggendong dan memeluk si kecil tanpa khawatir lagi.

  • Menggunakan fungsi tangan

Kemampuan psikomotorik si kecil sudah berkembang menjadi lebih baik. Kini si kecil sudah bisa menggerakan kedua tangannya untuk mengambil benda-benda di sekitarnya. Untuk meningkatkan kemampuan tersebut cobalah untuk memberikan mainan yang bisa digenggam oleh tangan mungilnya.

Untuk mengoptimalkan perkembangannya, cobalah untuk memberikan stimulus yang bersifat positif. Hal ini akan merangsang kemampuan motorik dan sensoriknya. Selain itu, perhatikan asupan nutrisi untuk si kecil dengan memberikan makanan yang bergizi.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517